FIBA Asia Cup 2022 akan Diramaikan dengan Tur Trofi dari Lebanon Menuju Indonesia

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Kejuaran Bola Basket FIBA Asia Cup 2022 tanggal 12-24 Juli 2022 di Indonesia akan diramaikan dengan Tur Trofi FIBA Asia Cup ke beberapa ibu kota dari negara peserta yang akan berlaga di kejuaran dan akan berakhir di Jakarta.

Sekjen Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Nirmala Dewi mengatakan salah satu yang ingin disosialisasikan adakah Tur Trofi FIBA Asia Cup. "Beberapa bulan terakhir trofi ini berkeliling ke beberapa negara-negara peserta. Dan awal bulan ini trofi sudah sampai di Jakarta dan kita akan berkeliling sekitar Jakarta," katanya.

"Kita akan berkeliling dari mulai kota wisata dan sebagaimya. Dan tur trofi ini didukung oleh Menpora Amali dan Kemenparekraf. Kegiatan ini akan dilaksanakan dari awal Juli sampai tanggal 10 Juli," ujar Nirmala Dewi.

Senada dengan Nirmala Dewi, Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022, Junas Miradiarsyah menambahkan bahwa, saat ini trofinya sudah bergerak dari Libanon dan menuju ke negara-negara peserta terakhir sebelum ke Indonesia akan ke Filipina.

"Jadi kita menerima dari Filipina dan tanggal 5 trofi sudah sampai di Indonesia. Dan kita akan bawa tur piala ini untuk keliling Jakarta. Karena penyelenggraan ini kita harapkan juga partisipasi masyarakat luas dan ini juga sebagai momentum agar bola basket semakin digemari oleh masyarakat," jelasnya.

Trofi ini akan diperebutkan 16 tim yang berlaga di FIBA Asia Cup 2022 yaitu Indonesia, Bahrain, Tiongkok, China Taipei, India, Iran, Jepang, Yordania, Kazakhstan, Korea Selatan, Lebanon, Selandia Baru, Filipina, Arab Saudi, Suriah, dan juara bertahan Australia.(rls)