Dugaan Kasus Korupsi Mantan Bintang Barcelona

By ommed


nusakini.com - Investigasi formal telah diluncurkan atas dugaan peran mantan bek Spanyol Gerard Pique dalam kesepakatan yang membuat Piala Super Spanyol direlokasi ke Arab Saudi menurut The Athletic.

Sebagai imbalan untuk menjadi perantara pengaturan tersebut, perusahaan Pique, Kosmos, menegosiasikan perjanjian dengan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) yang akan membayarnya €40 juta (£34 juta) dan memberikan RFEF €400 juta (£340 juta). Pria berusia 37 tahun itu kini secara resmi ditambahkan ke dalam daftar orang-orang yang menjadi subjek penyelidikan resmi atas dugaan pelanggaran tersebut.

Sejak Juni 2022, pengadilan telah menyelidiki apakah mantan presiden RFEF Luis Rubiales melakukan kejahatan manajemen ketika federasi memutuskan untuk memindahkan turnamen tersebut sehubungan dengan bisnis Kosmos milik Pique.


Pada bulan Maret, polisi memberi tahu Rubiales - yang membantah melakukan kesalahan apa pun - bahwa dia menjadi tersangka dalam penyelidikan setelah dia kembali dari Republik Dominika untuk "kunjungan kerja". Dalam penyelidikan korupsi, polisi menggeledah rumah Rubiales dan markas besar RFEF pada bulan Maret dan menahan tujuh orang selama penggeledahan.

Pique bermain dua kali untuk Barcelona di Piala Super Spanyol di Arab Saudi dan pada kedua kesempatan tersebut, Barcelona dan Pique gagal mencapai final. Baru setelah Pique pensiun mendadak pada November 2022, Tim Catalan memenangkan turnamen tersebut.


Pique menghabiskan masa pensiunnya dengan melakukan banyak hal, salah satunya adalah melakukan streaming di Twitch, dan tampaknya kini dia akan disibukkan dengan menanggapi tuduhan tersebut. Sementara itu, penyelidikan akan terus berlanjut. (gi)