Dinas PPAPP DKI Bersama TNI-Polri Jalankan Program Bangga Kencana

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta berkolaborasi dengan TNI dan Polri untuk mencapai target-target pelayanan Keluarga Berencana (KB).

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, dengan kolaborasi dalam TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) periode Juni-Oktober 2020 saja, telah memenuhi pelayanan KB kepada 169.664 akseptor atau 225,51 persen dari target 75.237 akseptor.

"Kami mengapresiasi dukungan dan bantuan khususnya kepada Kodam, Kodim, Babinsa dan Babinkamtibmas yang telah mensukseskan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Jakarta," ungkap Tuty, Sabtu (17/10). 

Selain pelayanan KB kepada akseptor juga dilakukan serangkaian kegiatan seperti, promosi program Prioritas Nasional 1.000 Hari Pertama Kehidupan secara virtual kepada 6.892 Ibu Hamil dan Ibu yang memiliki anak di Bawah Dua Tahun (Baduta). 

Kemudian, sosialisasi penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja secara virtual kepada 62 Kelompok Bina Keluarga Remaja (Kelompok BKR). 

Tuty menjelaskan, adanya pandemi Covid-19 tidak menghentikan jalannya kegiatan bhakti sosial tahun ini karena sebagian besar kegiatan sosialisasi komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) baik program Bangga Kencana maupun program pencegahan kekerasan perempuan dan anak dilaksanakan secara virtual (online) melalui berbagai media sosial. 

Sedangkan untuk kegiatan pelayanan KB tetap dilaksanakan di fasilitas kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan. 

"Semoga kegiatan ini menjadi momentum untuk saling bekerja sama, bahu membahu, menguatkan tekad, dan saling mendukung dalam mencegah meluasnya dampak pandemi Covid-19," tandas Tuty. (p/ab)