Desmond Tutu, Pendeta Pejuang Apartheid Afrika Meninggal Dunia pada Usia 90 Tahun

By Nad

nusakini.com - Internasional - Uskup Agung Desmond Tutu, peraih Nobel Perdamaian dan veteran perjuangan Afrika Selatan melawan kekuasaan minoritas kulit putih, telah meninggal pada usia 90 tahun, kata kantor kepresidenan pada hari Minggu (26/12).

Tutu didiagnosis menderita kanker prostat pada akhir tahun 1990-an dan dalam beberapa tahun terakhir ia beberapa kali dirawat di rumah sakit untuk mengobati infeksi yang terkait dengan pengobatan kankernya.

"Akhirnya, pada usia 90, ia meninggal dengan tenang di Oasis Frail Care Center di Cape Town pagi ini," Dr. Ramphhela Mamphele, penjabat ketua Uskup Agung Desmond Tutu IP Trust dan Koordinator Kantor Uskup Agung, menyatakan dalam sebuah pernyataan atas nama keluarga Tutu.

Ia tidak memberikan rincian tentang penyebab kematiannya.

Pada tahun 1984 Tutu memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian untuk penentangannya tanpa menggunakan kekerasan terhadap apartheid. Satu dekade kemudian, ia menyaksikan berakhirnya rezim itu dan ia memimpin Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi, yang dibentuk untuk mengungkap kekejaman yang dilakukan selama hari-hari kelam tersebut.

“Meninggalnya Uskup Agung Emeritus Desmond Tutu adalah babak lain dari duka dalam perpisahan bangsa kita dengan generasi Afrika Selatan yang luar biasa yang telah diwariskan kepada kita Afrika Selatan yang sudah dibebaskan,” kata Presiden Cyril Ramaphosa.