Day-1 Webinar Marketing 101 : Get Yourself Ready Into Full Digital Era

By Abdi Satria


nusakini. com-Makassar – Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 Universitas Hasanuddin (UNHAS) menggelar event berskala nasional dengan nama Marketing 101 : Get Yourself Ready Into The Full Digital Era. Event ini dilaksanakan pada tanggal 12 – 13 Juni 2021 melalui aplikasi Virtual Zoom. 

Marketing 101 merupakan Event Webinar yang berbentuk bootcamp dengan mengangkat tema besar “Digital Marketing”. Adapun materi yang akan dibahas bersama pada Marketing 101 : Get Yourself ready Into The Full Digital Era adalah Introduction to Digital Marketing Channel, Corporate VS Startup, Going Deep Into SEO World dan terakhir How To Being Creative With Your Content. Keempat materi tersebut nantinya akan dibawakan oleh pemateri – pemateri muda yang ahli di bidang marketing dan berasal dari perusahaan – perusahaan ternama di Indonesia.

Kegiatan hari pertama dimulai pada pukul 10.30 WIB secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Acara ini dibuka oleh Sartika Sari Wardanhi S.Sos., M.I.Kom selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Event Management II.

Usai pembukaan secara resmi, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Maulidatuz Zahroo (Digital Marketing Specialist at Gojek) selaku pembicara pertama. Dalam materinya (Introduction to Digital Marketing Channel), ia memaparkan materi mengenai digital marketing, bahwa dalam digital marketing terdapat dua jenis channel yaitu Paid Channel dan Organic Channel. Jenis-jenis Paid Channel seperti Search Engine Marketing, Social Media Paid, Display ads serta Organic Channel seperti SEO, Email Marketing dan Social Media Organic.

Setiap jenis metode digital marketing harus disesuaikan dengan tujuan, target audience, biaya dan waktu lamanya karena setiap media memiliki jangka waktu tertentu untuk mencapai tujuan marketing yang diinginkan. Penggunaan media digital marketing juga disesuaikan dengan budget dan target audiens spesifik yang diinginkan.     

Materi lain juga disampaikan oleh Rendy Alimudin (Head of Digital Marketing Communication at PT Bank Central Asia) dan Kent Nathaniel (Organic Marketing Lead at Pluang) selaku pembicara kedua. 

Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan interaksi singkat bersama sponsorship serta bermain games bersama peserta secara virtual. Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah partisipan umum mulai dari mahasiswa, pelajar, pekerja dan lainnya, baik dari wilayah Makassar maupun Luar Makassar.

Sesuai jadwal kegiatan, Webinar ini berlangsung hingga esok hari, Minggu (13/06/2021) dengan agenda yang sama. Adapun pembicara pada Webinar Day - 2 yakni Joe Handaya (Web & SEO Manager at Ruangguru Group) dan Louise Angelita Kemur (Master Brand & Social Media at Tokopedia).(rls)