China Tetap akan Selenggarakan Olimpiade Musim Dingin 2022 Walaupun Kekhawatiran Varian Omicron Meningkat

By Nad

nusakini.com - Internasional - China berekspektasi menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin 2022 dengan "lancar" dan sesuai jadwal, walaupun hadirnya tantangan baru akibat varian Omicron, menurut juru bicara kementerian luar negeri Zhao Lijian pada hari Selasa (30/11).

"Saya percaya (varian Omicron) membawa tantangan baru kepada usaha kami untuk menghambat dan mengontrol penyebaran virus, namun China memiliki pengalaman yang baik dalam menghambat dan mengontrol virus, maka dari itu saya percaya China mampu menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin sesuai jadwal, dengan lancar, dan berhasil," tegas Zhao.

Kota Beijing akan menyelenggarakan berbagai pertandingan Olimpiade Musim Dingin dari 4 Februari hingga 20 Februari 2022, tanpa adanya penonton dari luar negeri, dan semua atlet dan personil terkait dijaga dalam sistem "tertutup". Mereka juga akan mengadakan tes COVID-19 setiap harinya.

Di bawah kebijakan "zero-COVID", China menerapkan salah satu aturan pencegahan penyebaran COVID-19 terketat di seluruh dunia.