China Ganti Pejabat Partai yang Diasosiasikan dengan Tindakan Keras terhadap Uyghur

By Nad

nusakini.com - Internasional - China telah menggantikan pejabat partai Komunis yang secara luas terkait dengan tindakan keras keamanan yang menargetkan etnis Uyghur dan Muslim lainnya di wilayah barat jauh Xinjiang.

Kantor berita milik negara Xinhua, mengatakan dalam pengumuman singkat pada hari Sabtu(25/12)  bahwa Ma Xingrui, gubernur pembangkit tenaga ekonomi pesisir provinsi Guangdong sejak 2017, telah menggantikan Chen Quanguo sebagai ketua partai Xinjiang. Chen akan pindah ke peran lain.

Perubahan itu terjadi di tengah perombakan yang lebih luas menjelang kongres partai ke-20 tahun depan, yang dijadwalkan pada musim gugur. Masih belum jelas apakah langkah itu menandakan pemikiran ulang dalam pendekatan keseluruhan China ke Xinjiang. Beijing akan peka terhadap interpretasi apa pun yang tunduk pada tekanan internasional.

Beberapa pengamat China telah mencatat Chen mungkin dipromosikan lebih lanjut selama kongres partai. Yang lain mengatakan penggantinya, Ma, mungkin lebih fokus pada pembangunan ekonomi kawasan.

Chen, 66, diangkat sebagai sekretaris partai Xinjiang pada 2016. Dia adalah salah satu dari 25 anggota politbiro China dan dimasukkan dalam daftar sanksi tahun lalu oleh AS.

Pada hari Kamis (23/12), Joe Biden menandatangani undang-undang larangan impor dari Xinjiang atas kekhawatiran Washington tentang kerja paksa. Beijing mengutuk langkah itu.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia dan PBB mengatakan sekitar 1 juta orang Uyghur dan Muslim lainnya telah ditahan di kamp-kamp pendidikan ulang di Xinjiang atas nama memerangi ekstremisme agama dan terorisme.

Sejak 2017, kebijakan Beijing di provinsi itu telah menghadapi kritik keras dari luar negeri. Beberapa anggota parlemen dan anggota parlemen barat telah menggambarkan perlakuan China terhadap Uyghur sebagai genosida—tuduhan yang dibantah Beijing. Ada juga seruan untuk memboikot Olimpiade Musim Dingin Beijing pada bulan Februari.

Pengganti Chen, Ma yang berusia 62 tahun, memiliki latar belakang di industri kedirgantaraan. Sebelum menjadi gubernur Guangdong ia menjabat sebagai bos partai di Shenzhen dari tahun 2015.