CEO Binance Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seorang CEO cryptocurrency telah menjadi salah satu orang terkaya di Bumi.

Changpeng "CZ" Zhao, yang menjalankan pertukaran crypto Binance, telah bergabung dengan jajaran miliarder top dunia, dengan perkiraan kekayaan bersih setidaknya $96 miliar (Rp 1.370 triliun), menurut perhitungan baru dari Bloomberg Billionaires Index yang diterbitkan Senin (10/1).

Kekayaan Zhao yang diproyeksikan sekarang menyaingi pendiri Oracle (ORCL) Larry Ellison dan melampaui Mukesh Ambani, taipan India yang kekayaannya juga melonjak selama dua tahun terakhir.

Pendakian pengusaha Cina-Kanada ini adalah simbol dari penciptaan kekayaan yang cepat di dunia mata uang digital yang bergerak cepat.

Tahun lalu, pendiri crypto lainnya juga menikmati keuntungan besar karena nilai koin virtual menguat, dengan pencipta ethereum Vitalik Buterin dan pendiri Coinbase Brian Armstrong keduanya menjadi miliarder.

Zhao meluncurkan Binance pada tahun 2017, secara bertahap membangunnya menjadi salah satu pertukaran crypto terbesar di dunia.

Menurut posting blog perusahaan, eksekutif itu tumbuh dalam keluarga imigran di Kanada dan sebelumnya bekerja di McDonald's untuk membantu mendukung rumah tangganya.

Setelah belajar ilmu komputer di McGill University, ia bekerja pada perangkat lunak perdagangan untuk Tokyo Stock Exchange dan Bloomberg.

“Dia kemudian belajar tentang bitcoin pada tahun 2013 selama permainan poker, setelah itu dia memutuskan untuk menggunakan crypto dengan mendedikasikan hidupnya untuk itu,” menurut Binance. "Dia bahkan menjual apartemennya untuk membeli bitcoin." (cnn/dd)