Cegah Kanker Hati dengan Minum Kopi

By Admin

Foto/Ilustrasi  

nusakini.com - Menurut sebuah penelitian baru, meningkatkan konsumsi kopi dapat membantu mencegah kanker hati. Dilansir dari jurnal BMJ Open, peneliti di University of Southampton dan University of Edinburgh telah menemukan bahwa orang yang minum lebih banyak kopi cenderung tidak mengalami kanker hepatoselular (HCC) dan efeknya bahkan ditemukan pada kopi tanpa kafein.

Dalam studinya, para peneliti memeriksa data dari 26 penelitian yang melibatkan lebih dari 2,25 juta peserta.

Dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi, mereka yang minum satu cangkir sehari, memiliki risiko 20 persen lebih rendah untuk terkena HCC.

Mereka yang mengkonsumsi dua cangkir sehari memiliki risiko 35 persenlebih rendah, dan bagi mereka yang meminum lima cangkir, risikonya 50 persen lebih rendah. 

Penulis utama dalam penelitian, Dr Oliver Kennedy, dari University of Southampton, mengatakan “Kopi secara luas diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan, dan temuan terbaru menunjukkan itu bisa memiliki dampak yang signifikan pada kanker hati."

"Kami tidak menyarankan agar setiap orang mulai minum lima cangkir kopi sehari. Perlu ada penelitian lebih lanjut mengenai asupan kafein, dan ada bukti yang harus dihindari pada kelompok tertentu seperti wanita hamil." ujarnya. 

Meskipun demikian, kata Oliver, temuan ini merupakan perkembangan penting mengingat semakin banyaknya bukti HCC di seluruh dunia dan prognosis buruknya. (b/mr)