Berbagai Layanan Publik Palembang Siap Sambut New Normal

By Abdi Satria


nusakini.com-Palembang- Pemerintah Kota Palembang bersiap menyambut tatanan normal baru atau new normal di bidang pelayanan publik. Protokol kesehatan disiapkan di berbagai sentra pelayanan demi keamanan dan kesehatan masyarakat. Kesiapan Bumi Sriwijaya itu telah ditinjau oleh Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa. 

Di Kota Palembang, Diah mengunjungi sejumlah layanan, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Markas Komando Polda Sumatra Selatan, Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, serta Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kota Palembang. 

Diah menekankan, Kementerian PANRB mendorong Pemkot Palembang, terutama pemberi layanan dasar, untuk menerapkan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 masih berlangsung. “Keamanan dan kesehatan masyarakat serta petugas pelayanan adalah prioritas utama,” ungkap Diah saat meninjau layanan Disdukcapil Kota Palembang, Jumat (10/07). 

Kunjungan Diah ke dinas tersebut juga dalam rangka meninjau tindak lanjut dari hasil evaluasi tahun lalu. Terlebih, pandemi Covid-19 perlu perhatian khusus dari pemerintah daerah selaku penyelenggara pelayanan publik. “Meski terjadi pandemi, layanan dasar masyarakat harus tetap optimal,” ungkap Diah, di hadapan Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, serta Kepala Disdukcapil Kota Palembang, Dewi Isnaini.

Dalam masa new normal, pemohon dapat mengajukan pelaporan akta, pencetakan KTP, dan pengurusan surat pindah melalui WhatsApp Disdukcapil Kota Palembang. Dengan metode ini, pemohon atau masyarakat cukup hadir di Kantor Disdukcapil ketika berkas sudah selesai diproses. 

Di Kota Palembang, Diah juga menyempatkan mengunjungi sekaligus meninjau layanan di Kantor KPU Provinsi Sumatra Selatan. Pelayanan yang ditinjau antara lain Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), juga layanaan informasi dan data terkait pemilu yang bisa juga diakses secara online. 

KPU Provinsi Sumatra Selatan berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat terkait pemilu melalui layanan "Rumah Pintar Pemilu Sriwijaya" dengan fasilitas ruang audio visual pemilu, ruang simulasi pemilihan, ruang display, dan ruang FGD. Seluruh pelayanan buka dari jam 08.00-16.00 WIB dengan kunjungan dibatasi sistem kloter (lima orang pengunjung). Dalam peninjauan itu, Diah didampingi oleh Ketua KPU Provinsi Sumatra Selatan, Kelly Mariana. 

Tak lupa, Diah juga mengunjungi layanan kepolisian, yakni di Polda Sumatra Selatan. Di depan Kapolda Sumatra Selatan Irjen Pol. Eko Indra Heri, Diah menyampaikan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik lingkup wilayah Polda Sumatra Selatan melalui evaluasi. Lokus evaluasi pelayanan publik Polda Sumatra Selatan, adalah Polresta Palembang, Polres Lubuklinggau, Polres Musi Banyuasin, Polres Banyuasin, Polres Muara Enim, Polres Ogan Komering Ulu, dan Polres Prabumulih. Diah menyarankan, salah satu cara meningkatkan pelayanan publik kepolisian adalah dengan menciptakan inovasi, serta optimalisasi pengaduan pada kanal Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). 

Pelayanan publik lain yang ditinjau adalah Kantor SAMSAT dibawah naungan Ditlantas Polda Sumatra Selatan. Pengaturan jarak aman, hand sanitizer, cek suhu, serta sejumlah sarana lain disiapkan Dirlantas Polda Sumatra Selatan untuk menyambut new normal pada layanan SAMSAT. Harapannya, layanan SAMSAT tetap maksimal meski Covid-19 masih mewabah. Kunjungan Diah di Kantor SAMSAT didampingi oleh Dirlantas Polda Sumatra Selatan Kombes Pol. Juni. (p/ab)