Benedict Cumberbatch, Stephen Graham Bahas Perang Ukraina di BAFTAs

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sementara upacara penghargaan film BAFTA yang sebenarnya pada hari Minggu (12/3) mungkin sebagian besar apolitis, karpet merah menjelang itu dibanjiri dengan komentar politik.

Bintang “The Power of the Dog” dan nominasi aktor terbaik BAFTA Benedict Cumberbatch, yang menghadiri acara tersebut bersama istrinya Sophie Hunter, mengenakan lencana yang menggambarkan bendera Ukraina.

Cumberbatch mengatakan bahwa penghargaan tersebut adalah “perayaan industri tentang citra, dan gambar berbicara sekeras kadang-kadang tidak lebih keras daripada kata-kata. Jadi itu isyarat kecil," kata aktor itu kepada BBC News.

“Tetapi jauh dari ini, yang harus kita semua lakukan adalah terus menekan politisi kita sejauh krisis pengungsi berlangsung, terus menekan rezim Putin, terus membantu dengan cara apa pun yang kita bisa — apakah itu melalui donasi atau menampung pengungsi, yang semuanya ingin saya lakukan dan telah saya lakukan.”

Pemerintah Inggris telah meluncurkan skema sponsor lokal untuk Ukraina, yang akan mencocokkan orang Inggris, badan amal, bisnis, dan kelompok komunitas dengan warga Ukraina yang tidak memiliki keluarga mapan di negara tersebut, sehingga mereka dapat datang ke Inggris.

Rekan nominasi aktor terbaik Cumberbatch, Stephen Graham mengenakan pita biru dan kuning dan berkata: "Saya ingin menunjukkan dukungan dan solidaritas saya untuk apa yang akan kita lalui."

Sutradara “Venom: Let There Be Carnage” Andy Serkis, yang mempersembahkan penghargaan sutradara terbaik, mengatakan kepada PA News di karpet merah: “Ini adalah situasi yang sulit untuk mengadakan perayaan seperti ini ketika hal-hal yang menghebohkan dan mengerikan terjadi tidak terlalu jauh dari di sini. Tapi saya pikir seni juga penting untuk dirayakan karena seni menyatukan umat manusia, dan sebenarnya kebebasan berbicara dan kekuatan mendongeng adalah sesuatu yang menurut saya akan sangat dihargai oleh orang Ukraina.”

“Jadi jika kita menahan mereka malam ini dan mencerminkan kenikmatan dan gairah kembali kepada mereka, saya tidak berpikir itu hal yang buruk,” tambah Serkis. “Sangat penting untuk mengingat apa yang terjadi dalam konteks mengadakan acara seperti ini, tetapi seperti yang saya katakan, apa yang dimaksud dengan itu sangat positif, karena ini tentang inklusi, karena sebenarnya BAFTA telah benar-benar bergerak, pada akhirnya. beberapa tahun, menuju inklusi.”

Bintang lain yang menunjukkan solidaritas dengan Ukraina pada penghargaan termasuk aktor “The Girl Before” Jessica Plummer yang mengenakan pita biru dan kuning dan aktor “Made in Chelsea” Millie Mackintosh yang mengenakan pita warna Ukraina.

Cumberbatch telah berulang kali vokal tentang invasi. “Sekarang lebih banyak yang harus kita semua lakukan daripada hanya memiliki pikiran dan doa,” kata Cumberbatch, saat dia dihormati dengan bintang Hollywood Walk of Fame pada bulan Februari, beberapa hari setelah serangan Rusia. “Kita perlu bertindak… kita perlu melihat apa yang bisa kita lakukan sebagai warga dunia.”

Pada tanggal 9 Maret, bintang “Doctor Strange” itu mengangkat bendera Ukraina di Festival Film Internasional Santa Barbara dan berteriak: “Bersatulah dengan Ukraina.” (Variety/dd)