Kota-Kota Ukraina yang Diserang Rusia Buat Kuburan Massal untuk Korban

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pemboman Rusia di beberapa tempat di Ukraina begitu intens sehingga kota-kota besar dipaksa untuk mengubur begitu saja puluhan korban sipil di kuburan massal.

Tidak ada realitas perang yang suram ini yang lebih nyata daripada di Mariupol, sebuah kota pelabuhan utama yang hancur oleh penembakan terus-menerus, di mana beberapa situs pemakaman telah digali dengan tergesa-gesa dalam dua minggu terakhir.

"Kami tidak dapat mengubur [para korban] di kuburan pribadi, karena kuburan tersebut berada di luar kota dan perimeter dikendalikan oleh pasukan Rusia," kata wakil walikota Mariupol Serhiy Orlov kepada BBC melalui telepon.

Lokasi termasuk pemakaman kota pensiunan yang kini telah dibuka kembali, kata Orlov.

Pada hari Minggu (13/3), dewan kota mengatakan jumlah korban sipil telah meningkat di atas 2.100. Penembakan Rusia yang berat telah mencegah evakuasi massal dari Mariupol, meskipun ada upaya untuk membuka rute keluar yang aman.

Orlov tidak bisa memberikan jumlah total warga sipil yang tewas dikuburkan di kuburan massal, tetapi mengatakan 67 mayat berada di satu lokasi. "Beberapa kami tidak dapat mengidentifikasi tetapi beberapa memiliki dokumen."

Ribuan penduduk bersembunyi di ruang bawah tanah dan dalam beberapa kasus, katanya, orang mengubur anggota keluarga secara pribadi di halaman atau kebun.

Pembersih jalan kota yang babak belur dan tim perbaikan jalan sedang mengumpulkan mayat di jalan-jalan, katanya, saat layanan kota runtuh. "Beberapa orang tewas selama pengumpulan itu. Kami tidak memiliki listrik, atau pemanas, sanitasi, air, makanan selama 11 hari," katanya.

Empat ratus mil ke barat laut, di tepi ibukota Kyiv, sebuah kuburan massal digali di dekat sebuah gereja di kota Bucha, kata anggota parlemen lokal Mykhailyna Skoryk-Shkarivska. Ini berisi lebih dari 60 mayat.

Video pemakaman itu diposting di Facebook oleh seorang dokter yang bekerja di dekat Irpin, Andriy Levkivsky. Para dokter menguburkan para korban, yang telah dibawa ke RS Irpin.

Skoryk-Shkarivska mengatakan bahwa "layanan ritual" dilakukan di rumah sakit sebelum dimakamkan. Tidak semua telah diidentifikasi dan "tidak ada yang tahu persis di mana kerabat berada," katanya.

"Sekarang kami sedang berdiskusi dengan para sukarelawan bagaimana membuat sistem digital untuk mengidentifikasi orang dan melacak kerabat yang hilang," katanya.

Pasukan Rusia merebut rumah sakit pada hari Sabtu (12/3) dan menyuruh para dokter untuk pergi, katanya, berbicara melalui telepon dari Ukraina barat. Bucha dan setengah dari Irpin sekarang berada di tangan Rusia, katanya. (bbc/dd)