Begini Cara Mama Yo Pecahkan Problema Kekerasan di Asmat Papua

By Admin


nusakini.com - Asmat – “Ubah budaya patriarki, laki laki Astj harus melindungi, menyayangi dan memuliakan perempuan. Begitu juga dengan anak, perhatikan kesehatannya dan pendidikannya, terutama anak perempuan. Jangan begitu gadis langsung kasih nikah” tutur Mama Yo dengan logat khas Papuanya kala berdialog dengan guru, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan anak anak di kampung Astj, Kabupaten Asmat Papua.

Untuk mendukung kemajuan di negeri Papua, maka semua elemen masyarakat harus bersatu padu menghilangkan budaya kekerasan sejak saat ini. “Kitong pu tanah ini harus maju, jangan lagi baku pukul” ujar Mama Yo.

Angka kekerasan pada perempuan dan anak di Provinsi Papua paling tinggi diantara Provinsi yang lain, Mama Yo hadir ke pelosok negeri guna memecahkan permasalahan kekerasan dengan cara berdialog langsung kepada masyarakat. Sebagian besar masyarakat Astj masih melakukan kekerasan fisik, baik guru kepada murid, orang tua kepada anak maupun suami kepada isteri. Mama Yo berpesan agar tindak kekerasan tidak lagi di selesaikan dengan cara adat, denda dan mediasi namun harus ditangani secara hukum.

Pada hari kedua kunjungan kerja di Kabupaten Asmat, Mama Yo menempuh perjalanan sungai dari ibukota kabupaten Asmat ke kampung Astj menggunakan speed boat dan memakan waktu satu setengah hingga dua jam dengan kecepatan rata rata 60 km/jam.

Setibanya di kampung Astj, masyarakat terlihat sangat antusias. Sebagian berkelompok menyanyikan lagu khas diiringi dengan tabuh gendang dan tarian, sesekali pekikan suara warga juga terdengar. “Mama yo memang sudah ditunggu tunggu oleh masyarakat setempat, karena belum pernah ada pejabat Negara setingkat Menteri hadir di kampung kami” ujar pastor Eko, tokoh agama dari kampung Astj.

Sebelumnya Mama Yo telah menandatangani launching Kabupaten Asmat menuju Kabupaten Layak Anak di gedung Bumiwiyata Mandala. Ada 24 indikator dan tahapan yang harus dijalani, salah satunya anak anak harus bersekolah, mendapatkan akses kesehatan, gizi yang baik dan perlindungan hak sipil. "Yang tidak kalah penting, segeralah membuat forum anak agar terlibat di dalam musyawarah perencanaan pembangunan," tegas Mama Yo. (p/ma)