Askab PSSI Maros Gelar Kursus Wasit C2 dan C1 Nasional

By Abdi Satria


nusakini.com-Maros-Askab PSSI Maros menggelar kursus wasit level C2 dan C1 nasional di Hotel Transit 2 Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, 11-16 Juni 2022. Kursus ini diikuti oleh peserta yang datang dari sejumlah provinsi di tanah air. Diantaranya untuk C2 berasal dari Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.

Sedang C1, para peserta datang dari Jawa Barat, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kep. Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Sulawesi Barat.

Kepada nusakini.com, Ketua Askab PSSI Maros, Yusdal Yusuf, kegiatann mampu memperkaya sumber daya danusia (SDM) para wasit yang hadir. Juga mendorong para wasit untuk berpartisipasi aktif dan profesional dalam memimpin pertandingan yang akan dihelat PSSI. Dianataranya Elite Pro Academy, Liga 1, Liga 2, Piala Soeratin maupun Liga 3 Nasional.

Sebagai instruktir pada pelatihan ini, Askab PSSI Maros mendatangkan tiga mantan wasit yang direkomendasi oleh PSSI Pusat yakni Yandri Johanes, Yesayes Laihutu dan Hadi Suroso. "Bagi Askab PSSI Maros, ini baru kali pertama jadi penyelenggara kursus wasit C2 dan C1 nasional," ungkap Yusdal yang juga menjabat Exco Asprov PSSI Sulsel ini.

Sinergi Dengan Pemkab Maros

Pada kesempatan itu, Yusdal mengemukakan, kursus wasit ini bisa terselenggaran berkat kerjasama dan sinergi yang baik antara Pemerintah Kabupaten dengan Askab PSSI Maros. "Kami berterima atas perhatian dan dukungan yang diberikan Pemkab Maros," ujar Yusdal.

Dilain pihak, Yusran menjelaskan, dengan adanya kegiatan ini juga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui peningkatan jumlah income pajak hotel. "Semoga kegiatan ini berjalan lancar sampai selesai," pungkas Yusdal. (ab)