Aplikasi Open Data DKI dan Bandung Jadi Role Model

By Admin


nusakini.com - Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) RI menggelar kegiatan pameran dan seminar open data dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik bertema "Innovation in Public Services through Open Data: Learning from Indonesian Cross Sectoral Champions".


Dalam kegiatan itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Pemerintah Kota Bandung dihadirkan sebagai model penyelenggaraan open data bagi pemerintah daerah lainnya.


Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik KemenPAN RB, Muhammad Imanuddin mengatakan, DKI dan Bandung dinilai advance dalam penyelenggaraan open data. Diharapkannya, pengaplikasian open data di kedua pemda itu bisa menjadi role model bagi pemda lainnya.


"Kegiatan ini ingin memberi gambaran pada instansi pemeritah daerah lain, gerakan open data meningkatkan kualitas layanan publik. Sehingga bisa menjadi pengontrol dan memberi feedback," katanya.


Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta, Dian Ekowati mengatakan, Diskominfotik akan melakukan standarisasi dan pengintegrasian data seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD).


"Ke depan kita akan terapkan sistem big data. Seluruh data yang sama akan kita satukan dan integrasikan," tandasnya.(pr/kj/al)