Amerika Serikat Tetapkan Cacar Monyet sebagai Darurat Kesehatan Publik

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pemerintah AS telah menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat menyusul lonjakan kasus.

Keputusan itu akan mempercepat distribusi vaksin, perawatan, dan sumber daya federal untuk mengekang penyebaran virus.

Deklarasi tersebut terjadi kurang dari dua minggu setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan peringatan darurat tertinggi menyusul lonjakan kasus di seluruh dunia.

Kasus telah mencapai 6.600 di AS, menurut pejabat kesehatan.

Seperempat dari kasus ini telah muncul di negara bagian New York, yang menyatakan keadaan daruratnya sendiri atas penyakit itu pekan lalu.

Dua negara bagian dengan beban kasus tertinggi berikutnya - California dan Illinois - menyatakan keadaan darurat awal pekan ini.

Lebih dari 26.000 kasus telah dikonfirmasi di seluruh dunia tahun ini, menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Beberapa pakar kesehatan masyarakat telah menyatakan keprihatinannya bahwa deklarasi darurat dapat semakin menstigmatisasi penyakit tersebut. Meskipun siapa pun dapat terkena cacar monyet, wabah ini sebagian besar terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria.

Tapi itu bukan murni infeksi menular seksual (IMS), dan juga dapat ditularkan melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Virus ini biasanya menyebabkan ruam seperti jerawat, yang bisa sangat gatal dan nyeri, berkembang dan menyebar ke seluruh tubuh, serta komplikasi lainnya.

Infeksi biasanya ringan dan sembuh dengan sendirinya pada pasien dewasa tanpa pengobatan atau rawat inap - tetapi WHO telah memperingatkan bahwa anak-anak kecil telah meninggal pada tingkat yang lebih tinggi dari penyakit ini.

Para pejabat di AS dan di tempat lain telah merekomendasikan bahwa orang-orang dengan risiko infeksi tertinggi - termasuk beberapa pria gay dan biseksual, serta beberapa petugas kesehatan - harus mendapatkan suntikan berdasarkan prioritas.

Deklarasi pada hari Kamis (4/8) datang di tengah laporan bahwa vaksin dan perawatan untuk cacar monyet kekurangan pasokan di seluruh negeri.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan mengatakan pekan lalu bahwa mereka telah memesan lebih dari lima juta dosis lagi, yang akan dikirimkan hingga Mei mendatang.

Awal pekan ini, Gedung Putih juga mengumumkan penunjukan tim untuk mengoordinasikan dan mengawasi respons cacar monyet nasional.

Ini termasuk Dr Demetre Daskalakis, seorang dokter New York yang telah memimpin inisiatif yang berhasil untuk mengekang penyebaran HIV di AS. (bbc/dd)