Aktris Park So Dam dari Film 'Parasite' Jalani Operasi Kanker Tiroid

By Nad

nusakini.com - Internasional - Aktris Korea Selatan Park So Dam, yang meraih ketenaran di dalam dan luar negeri berkat perannya dalam film pemenang Oscar "Parasite," telah didiagnosis menderita kanker tiroid papiler.

Park, berusia 30, didiagnosis selama pemeriksaan kesehatan rutin dan telah menjalani operasi, agensinya, ArtistCompany, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (13/12).

Kanker tiroid papiler adalah jenis kanker tiroid yang paling umum, menurut National Health Service (NHS) Inggris.

Biasanya mempengaruhi orang di bawah usia 40 tahun, terutama wanita, dan cenderung lebih mudah diobati daripada jenis kanker tiroid lainnya, kata NHS.

"Sekitar 9 dari 10 orang hidup 5 tahun setelah diagnosis kanker tiroid," kata NHS di situsnya. "Banyak dari mereka yang sembuh dan akan memiliki umur yang normal."

Penyakit Park telah mengganggu rencana untuk mempromosikan film berikutnya, "Special Delivery," membuatnya "sangat kecewa," menurut pernyataan ArtistCompany.

"Perusahaan ingin sekali lagi berterima kasih kepada semua orang yang telah menunjukkan dukungan untuk 'Special Delivery' dan aktris Park So Dam, serta para aktor dan kru 'Special Delivery' yang mengatasi masa sulit ini bersama-sama," kata agensi.

"Park So Dam akan fokus pada pemulihannya sehingga ia dapat melihat kalian semua dalam keadaan sehat di masa depan, dan ArtistCompany juga akan melakukan yang terbaik untuk membantu aktris kami memulihkan kesehatannya," tambah agensi tersebut.

Park muncul di sejumlah film dan serial TV Korea Selatan, termasuk "The Priests" (2015) dan "The Silenced" (2015), tetapi penampilannya yang luar biasa datang dari film hit global 2019 "Parasite."

Film yang disutradarai oleh Bong Joon Ho ini menjadi film non-bahasa Inggris pertama dan film Korea Selatan pertama yang memenangkan Film Terbaik di Academy Awards pada Februari 2020.

Park memerankan Kim Ki Jung, seorang wanita muda dari keluarga miskin yang berpura-pura menjadi terapis seni untuk mendapatkan pekerjaan mengajar anak-anak dari keluarga kaya.