Aktor William Hurt Meninggal Dunia di Usia 71 Tahun

By Nad

nusakini.com - Internasional - William Hurt, aktor AS pemenang Oscar yang perannya berkisar dari drama tahun 1980-an yang terkenal hingga film Marvel, telah meninggal pada usia 71, kata media AS.

Hurt memenangkan Oscar sebagai aktor terbaik pada tahun 1986 karena memerankan seorang tahanan di penjara Brasil dalam Kiss of the Spider Woman.

Dia dinominasikan dua kali lagi dalam dua tahun berikutnya, untuk Children of a Lesser God dan Broadcast News.

Dalam beberapa tahun terakhir, ia dikenal sebagai Jenderal Thaddeus "Thunderbolt" Ross dalam lima film laris Marvel.

Situs web Hollywood Deadline mengutip pernyataan dari putra Hurt, Will yang mengatakan: "Dengan sangat sedih keluarga Hurt berduka atas meninggalnya William Hurt, ayah tercinta dan aktor pemenang Oscar, pada 13 Maret 2022, satu minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-72.

"Dia meninggal dengan damai, di antara keluarga, karena sebab alami. Keluarga meminta privasi saat ini."

Sesama aktor Marvel Mark Ruffalo menulis di Twitter: "Wow, kerugian besar lainnya bagi komunitas akting. Aktor hebat. Pikiran hebat. RIP."

Matthew Modine menggambarkannya sebagai "seorang profesional yang sempurna" yang "terus-menerus mencari kebenaran yang lebih besar dan pemahaman manusia".

Antonio Banderas mengatakan "aktor hebat telah meninggalkan kita", sementara penghormatan lainnya datang dari Russell Crowe, M Night Shyamalan Rebecca Front.

Hurt mulai berakting di atas panggung pada 1970-an sebelum membuat terobosan layar lebar sebagai ilmuwan terobsesi di Altered States, yang membuatnya mendapatkan nominasi pendatang baru terbaik di Golden Globes pada 1981.

Tahun itu, ia juga membintangi sebagai pengacara playboy dalam film thriller erotis Body Heat, sebelum berperan di The Big Chill dan Gorky Park.

Memenangkan Oscar karena memerankan seorang pria gay yang berbagi sel dengan seorang tahanan politik di Kiss of the Spider Woman adalah "sangat mengasingkan", katanya kemudian kepada Los Angeles Times.

"Begitu mereka memberikannya kepada saya, saya berpikir, Tuhan, apa yang harus saya lakukan sekarang? Bagaimana saya bisa masuk ke sebuah ruangan dan ada aktor lain yang memercayai saya?"

Itu tidak menghentikannya mendapatkan dua nominasi berturut-turut, sebelum peran dalam The Accidental Tourist, Lost in Space, Contagion, dan AI. Kemudian datang nominasi Oscar keempat untuk A History of Violence karya David Cronenberg pada tahun 2006.

Dia juga menerima nominasi Emmy untuk memerankan Menteri Keuangan Henry Paulson di Too Big to Fail 2011, dan untuk drama TV legal Damages.

Dia kembali ke teater dalam produksi termasuk Henry V, A Midsummer Night Dream dan Hurlyburly, yang terakhir membuatnya diakui dengan nominasi di Broadway's Tony Awards.

Dia dianggap sebagai kehadiran yang menarik tetapi kompleks dan sering konfrontatif. Ketenaran adalah "tantangan" dan "bukan kondisi yang membahagiakan bagi saya", akunya.

"Ini adalah hak istimewa dan tanggung jawab, dan saya tidak yakin saya menjalankan tanggung jawab dengan baik pada waktu-waktu tertentu, yang memalukan," katanya kepada The Telegraph pada 2013. Saya berperilaku dalam beberapa keadaan."

Dia minum banyak untuk mantra dan dalam persidangan palimoni profil tinggi pada tahun 1989, mantan rekannya Sandra Jennings menggambarkan kemarahannya yang mabuk.

Mantan pacar lainnya, lawan main Children of a Lesser God Marlee Matlin, kemudian menuduhnya melakukan pelecehan fisik dan emosional. Dia meminta maaf "atas rasa sakit yang saya sebabkan".

Aktor tersebut mengungkapkan pada 2018 bahwa ia telah didiagnosis menderita kanker prostat terminal. (bbc/dd)