Duka Ketua PP Muhammadiyah kepada Prof. Azyumardi Azra: Selamat Jalan Sang Begawan Bangsa

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir menyampaikan duka cita atas meninggalnya Prof Azyumardi Azra. Menurutnya, Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di Malaysia dalam perjalanan berbagi ilmu sehingga terkategori sahid di jalan Allah. 

"Kami sungguh kehilangan sang intelegensis begawan bangsa. Selamat jalan Prof Azyumardi. Doa kami menyertai perjalananmu ke haribaan Ilahi menuju jannatun na'im," kata Haedar dalam siaran pers, Minggu (18/9). 

"Meninggalnya di Malaysia sebagai narasumber di pertemuan ABIM (Angkatan Belia Islam Malaysia) menunjukkan keluasan radius keintelektualannya," kata Haedar.

Beberapa waktu lalu, kata Haedar, dirinya terakhir kali berjumpa dengan Prof Azumardi secara daring, ketika cedekiawan moderat ini menjadi pembicara kunci dalam ISKA dan launching Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) di Perlis. 

"Waktu itu kami hadir secara luring dan beliau daring karena tidak bisa datang ke Perlis," jelas Haedar.

Haedar menilai Prof Azyumardi ialah cendekiawan muslim dan intelektual bangsa yang maqomnya sudah begawan atau ar-rasih fil-'imi. 

Pemikirannya senantiasa jernih dan komprehensif yang menggambarkan kedalaman dan keluasan ilmu, khususnya ilmu keislaman yang terkoneksi dengan berbagai aspek kehidupan. (*)