Ada Uji Emisi Gratis di Perkantoran dan Mal dari Dinas Lingkungan Hidup DKI

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Upaya untuk meningkatkan kualitas udara di Ibukota terus dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta melalui layanan uji emisi gratis. Setelah berinovasi melalui layanan Uji Emisi Goes to Campus, saat ini Dinas LH melaksanakan program Uji Emisi Goes to Office and Mall. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Djafar Muchlisin mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut akan berlangsung pada 12 Maret-11 April 2019.

"Tentunya terbuka untuk umum dan gratis. Hari ini pelaksanaan uji emisi berlangsung di Kantor Wali Kota Jakarta Barat," ujarnya, Selasa (12/3).

Djafar menjelaskan, Uji Emisi Goes to Office and Mall dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. Dalam pelaksanaan uji emisi tersebut disiapkan empat alat uji untuk kendaraan berbahan bakar bensin dan dua lainnya untuk solar. 

"Pelaksanaan uji emisi akan dilakukan oleh teknisi berpengalaman serta petugas Penyedia Jasa Lainnya Perorangan dari Dinas LH yang sudah terlatih," terangnya. 

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan uji emisi itu juga dilakukan sosialisasi aplikasi e-Uji Emisi berbasis Android kepada pemilik kendaraan. 

"Kita ingin masyarakat di Jakarta semakin peduli terhadap lingkungan," tandasnya. 

Untuk diketahui, Uji Emisi Goes to Office and Mall pada 13 Maret akan diselenggarakan di Pusat Perbelanjaan Puri Kembangan. Sedangkan, di Mal Daan Mogot akan diadakan pada 14 Maret. 

Kemudian, di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat akan berlangsung tanggal 19 Maret, MGK Mega Kemayoran 20 Maret, dan ITC Cempaka Mas Grosir diselenggarakan pada 12 Maret 

Selanjutnya, di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan digelar pada 26 Maret, Transmart Cilandak Shopping Mall 27 Maret, dan Carrefour Lebak Bulus Shopping Mall tanggal 28 Maret. 

Sementara, Uji Emisi Goes to Office and Mall di Kantor Wali Kota Jakarta Utara diselenggarakan pada 2 April, Mall Artha Gading 4 April, dan Kawasan Berikat Nusantara Cakung digelar 5 April. 

Untuk pelaksanaan di Kantor Wali Kota Jakarta Timur diadakan 9 April, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) 10 April, dan Mall Tamini Square pada 11 April.(p/ab)