9 Orang Tewas setelah 100 Longsor Salju Terjadi di Australia

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sembilan orang tewas dalam tiga hari di mana lebih dari 100 longsoran melanda Austria, kata pihak berwenang Minggu (6/2), saat hujan salju lebat diikuti oleh cuaca yang lebih hangat membuat kondisi berbahaya yang luar biasa.

Sebagian besar longsoran melanda wilayah Tyrol barat dan hari Jumat (4/2) saja menewaskan lima orang, kata layanan penyelamatan.

Polisi mengatakan bahwa satu insiden telah merenggut nyawa sekelompok pemain ski Swedia yang keluar jalur dengan pemandu gunung di zona sekitar Ischgl, dekat perbatasan Swiss.

Pemandu dan empat dari kelompok itu hanyut dengan hanya satu anggota yang selamat. Dia berhasil meminta bantuan dan diterbangkan dengan helikopter.

Juga pada hari Jumat, seorang pria berusia 60 dan istrinya yang berusia 61 tahun ditelan saat bermain ski lintas alam di dekat desa Auffach, kata polisi Tyrol.

Hari Sabtu (5/2) kemudian melihat seorang Austria berusia 58 tewas di Schmirn dekat Innsbruck dalam longsoran salju yang melukai empat orang lainnya.

Lebih jauh ke barat, seorang pemain ski berpengalaman yang berjumlah 43 orang tewas di wilayah Vorarlberg yang populer saat Austria melihat hujan salju dalam jumlah yang luar biasa masuk dan sepanjang akhir pekan.

Lima penggemar olahraga musim dingin terkubur oleh hujan salju di resor utama Soelden tetapi semuanya berhasil diselamatkan.

“Tiga hari terakhir telah terjadi sekitar 100 insiden tipe longsoran salju yang membutuhkan 70 intervensi,” kata otoritas regional Tyrol pada hari Minggu, menyebut situasi itu “belum pernah terjadi sebelumnya” dan memperingatkan akan lebih banyak lagi yang akan datang.

Beberapa tahun terakhir telah terjadi longsoran salju yang merenggut sekitar 20 nyawa setahun di Austria, lebih sedikit selama dua tahun terakhir setelah pandemi sangat mengurangi jumlah pemain ski.

Di negara tetangga Swiss, longsoran salju di Reckingen di wilayah tenggara Wallis menewaskan seorang pria berusia 68 tahun pada Sabtu, sementara orang kedua terluka, kata polisi.

Keduanya adalah bagian dari kelompok empat pejalan kaki Italia dan dengan cepat ditemukan dan dibebaskan dari salju oleh dua lainnya. Satu meninggal di tempat kejadian dan yang lainnya dibawa ke rumah sakit.

Menurut laporan sementara oleh layanan cuaca MeteoSwiss pada hari Jumat, orang-orang telah terjebak dalam 45 longsoran salju sejauh musim dingin ini.

Ini mendesak orang untuk "hati-hati, hati-hati, hati-hati".

Pada hari Kamis, satu orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam longsoran salju di wilayah Graubunden Swiss, yang berbatasan dengan Tyrol Austria. (theguardian/dd)