35 Hewan Kurban di Masjid Istiqlal Diperiksa

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Tujuh petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat melakukan pemeriksaan kesehatan dan organ tubuh hewan kurban di Masjid Istiqlal, Sawah Besar. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sudin KPKP Jakarta Pusat, Suharini Eliawati mengatakan, pemeriksaan hewan kurban di Masjid Istiqlal dimulai dari pukul 09.00-12.00. Totalnya, ada 35 ekor hewan kurban yang diperiksa dengan rincian 20 ekor sapi dan 15 ekor kambing. "Kita periksa post mortem dan ante mortem hewan kurban di lokasi," ujarnya, Sabtu (1/8). 

Ia menjelaskan, pemeriksaan ante mortem meliputi usia, kesehatan fisik, hingga mulut hewan kurban. Sedangkan pemeriksaan post mortem difokuskan terhadap organ tubuh hewan kurban seperti hati, limpa, jantung hingga paru-paru. 

Di samping itu, sambung Suharini, dalam kegiatan ini, pihaknya sekaligus memeriksa protokol kesehatan yang diterapkan panitia kurban. Antara lain seperti penyediaan fasilitas cuci tangan, penggunaan masker hingga penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah penyembelihan. "Ternyata seluruh protokol kesehatan sudah dijalankan," tandasnya.(p/ab)