UEFA Umumkan Kompetisi Antarklub Baru Setelah Liga Champions & Liga Europa

By ommed


nusakini.com - Otoritas tertinggi sepakbola Eropa (UEFA) mengumumkan rencana untuk meluncurkan kompetisi antarklub Eropa kasta ketiga pada 2021 mendatang.

Detail rencana kompetisi Eropa setelah Liga Champions dan Liga Europa ini terungkap dalam pertemuan UEFA di Dublin pada akhir pekan lalu.

Memiliki nama kode UEL2, turnamen baru yang belum punya nama resmi ini akan dimulai musim 2021/22, diikuti oleh 32 klub di fase grup, dan dimainkan setiap Kamis.

Menariknya, sebelum turnamen memasuki babak 16 besar, bakal ada babak gugur tambahan yang mempertemukan para runner-up grup melawan tim-tim peringkat ketiga fase grup Liga Europa. Pemenang kompetisi ini akan bermain di Liga Europa musim berikutnya.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan, ajang ini akan membuat kompetisi Eropa akan lebih inklusif sehingga melibatkan lebih banyak klub dari negara yang berbeda pula.

"Kompetisi ini dilahirkan berkat dialog berkelanjutan antara kami dengan klub-klub yang tergabung dalam Asosiasi Klub Eropa," kata Ceferin.

"Ada tuntutan dari klub-klub untuk meningkatkan peluang mereka berpartisipasi di kompetisi Eropa. Ini adalah pendekatan strategis kami dan sesuai dengan tujuan UEFA untuk membuat kompetisi Eropa yang lebih berkualitas dan lebih inklusif," imbuhnya. (fft/om)