Timnas Basket Putri Uji Coba Di Korsel

By Admin

nusakini.com--Tim nasional basket putri Indonesia akan bertolak ke Korea Selatan untuk menggelar serangkaian uji coba. Henny Sutjiono, dkk dijadwalkan berangkat dari tanah air pada 28 Juni dari Jakarta. Tim Nasional Indonesia akan berada di Korea Selatan selama 3 minggu untuk bertanding melawan berbagai tim basket putri asal Korea Selatan, dan juga menjalankan program latihan tambahan selama disana. Pemilihan Korea Selatan sebagai lokasi uji tanding bukan yang pertama kali bagi tim nasional, sebelumnya tim nasional juga menjalankan program serupa di Korea Selatan kala mempersiapkan diri untuk SEA Games Kuala Lumpur 2017 yang lalu.

Sesampainya di Korea Selatan, tim akan menjalankan beberapa sesi latihan dan adaptasi terhadap suasana di sana. Rangkaian uji tanding baru akan dimulai pada tanggal 3 Juli, dimana tim nasional dijadwalkan bertanding melawan Shinhan S-Birds, salah satu tim kontestan Liga Basket Putri Korea (WKBL). Kesempatan bertanding di Korea Selatan akan menjadi momen yang baik bagi pemain-pemain tim nasional yang saat ini dihuni oleh mayoritas pemain muda untuk merasakan lawan yang tangguh dan cepat secara permainan. Rangkaian pertandingan ini juga menjadi momen bagi tim pelatih untuk menguji pola permainan yang sudah disiapkan beberapa bulan terakhir. 

Kadek Pratita Citta Dewi, salah satu punggawa tim nasional mengatakan bahwa tim nasional yang dipersiapkan untuk Asian Games ke XVIII ini memiliki koneksi yang baik antar pemain. "Tim sekarang juga lebih mudah menyerap instruksi-instruksi dari pelatih, karena sebagian pemain sudah punya pengalaman bekerja sama dengan tim pelatih yang sama pada SEA Games kemarin." Hal ini membantu pemain-pemain yang baru bergabung pertama kali dengan tim nasional lebih mudah dalam menyerap dan menjalankan instruksi yang diberikan, terutama dalam menjalankan pola permainan. 

Tim nasional sendiri membawa 14 pemain untuk berangkat ke Korea Selatan, 2 nama yang dicoret sebelumnya, Dora Lovita, dan Eka Liana pada akhirnya memilih untuk tidak berangkat ke Korea Selatan. Asisten Manajer Tim Nasional Indonesia Alvin Indra menjelaskan, bahwa Dora Lovita memilih untuk berfokus memperkuat almamaternya, Universitas Esa Unggul Jakarta di ajang Liga Mahasiswa. Sedangkan Eka Liana setelah dicoret oleh tim nasional terpilih ke dalam proses seleksi tim nasional 3x3 Indonesia yang juga sedang menjalani pemusatan latihan di Jakarta. Selama di Korea Selatan, Tim Nasional Indonesia akan memusatkan kegiatannya di kota Seoul, sesekali tim nasional akan melakukan perjalanan untuk mengunjungi markas tim-tim WKBL yang akan dijadikan lawan bertanding.(rilis/rajendra)