Terungkap, Carlo Ancelotti Tolak Latih Italia

By Admin


nusakini.com - Roma - Kabar bahwa Carlo Ancelotti telah menolak tawaran Federasi Sepakbola Italia (FIGC) untuk membesut timnas Italia ternyata terbukti benar. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Ancelotti sendiri.

Ancelotti awalnya merupakan kandidat favorit untuk menjadi suksesor Gian Piero Ventura, yang dipecat lantaran gagal meloloskan Gli Azzurri ke putaran final Piala Dunia 2018. FIGC telah melakukan pendekatan kepada Don Carletto.

Namun, Ancelotti memutuskan untuk menampik tawaran itu. Eks pelatih AC Milan dan Bayern Munich ini mengaku belum tertarik untuk terjun di sepakbola internasional dan masih berminat untuk melatih klub.

“FIGC telah mengontak saya dan saya berbicara dengan mereka. Saya merasa terhormat [dengan tawaran ini] karena ada banyak orang yang menginginkan saya untuk menjadi pelatih timnas,” ungkap Ancelotti kepada La Domenica Sportiva, Minggu (3/12).

“Namun, ini seperti pekerjaan yang benar-benar baru. Bekerja sebagai pelatih timnas sangatlah berbeda dengan bekerja sebagai pelatih klub. Saya sendiri masih menikmati sesi latihan dan bekerja setiap hari,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ancelotti juga menyarankan sepakbola Italia untuk segera berbenah setelah tragedi gagal lolos ke Piala Dunia. Salah satunya adalah dengan mengurangi peserta Serie A Italia menjadi 18 tim seperti yang pernah diterapkan sebelum musim 2004/05.

“Seperti di negara lain, di Italia terdapat konflik kepentingan antara klub dan federasi. Tetapi saat ini sepakbola Italia membutuhkan kekuatan federasi di atas klub untuk menerapkan peraturan baru,” sambungnya.

“Contohnya, menurut saya, Serie A akan mendapatkan manfaat besar jika peserta kompetisi kembali dikurangi menjadi 18 tim. Saya tahu ada klub-klub yang setuju dengan usulan ini,” imbuh Ancelotti. (fft/om)