'Super Mario' Mandzukic Menyatakan Gantung Sepatu

By ommed


nusakini.com - Eks pemain Juventus dan Bayern Munchen, Mario Mandzukic, resmi gantung sepatu. Ia menutup karir panjangnya sebagai pesepakbola profesional lewat sebuah pesan menyentuh untuk sang anak di media sosial.

Mandzukic pantas bangga dengan perjalanan karirnya selama ini. Sebab, ia pernah meraih berbagai macam bergengsi waktu memperkuat klub-klub seperti Dinamo Zagreb, Bayern Munchen, Atletico Madrid, Juventus, dan Al Duhail.

Puncak kariernya terjadi ketika memperkuat Die Bavarians. Ia turut berjasa membawa Munchen meraih treble pada tahun 2013 lalu. Jika ditotal, ia mempersembahkan delapan gelar selama dua tahun perjalanannya di Allianz Arena.

AC Milan menjadi klub yang terakhir memakai jasanya sebelum pensiun. Sayangnya, kariernya hanya berjalan singkat. Selama enam bulan, ia tampil dalam 11 pertandingan di semua ajang tanpa mampu mencetak gol.

Setelah kontraknya bersama Rossoneri berakhir di musim panas kemarin, Mandzukic gagal mendapatkan tempat untuk bernaung yang baru. Pria asal Kroasia tersebut kemudian mengumumkan bahwa dirinya telah gantung sepatu.

Pengumuman tersebut dirilis di media sosial miliknya. 'Super Mario', julukan Mandzukic, mengemas pengumuman pensiun miliknya dengan pesan menyentuh buat 'Si Mario Kecil'.

"Kepada Mario kecil, saat mengenakan sepatu ini untuk pertama kalinya, anda bahkan tidak dapat membayangkan apa yang akan anda rasakan di dunia sepak bola," buka Mandzukic dalam pernyataannya.

"Anda akan mencetak gol di ajang yang paling penting, dan anda akan memenangkan trofi terbesar bersama klub terbesar. Dengan bangga mewakili negara, anda akan berkontribusi dalam menulis sejarah olahraga Kroasia."

Pesan kecil itu juga, secara tersirat, mengandung ucapan terima kasih Mandzukic kepada semua pihak yang telah membantunya dalam karier sepak bola. Mulai dari pelatih, mantan rekan setim, hingga fans dan sang agen.

"Pada akhirnya, inilah yang paling anda banggakan. Anda akan banyak berkorban, tetapi anda tahu bahwa itu sepadan karena semua momen terasa menakjubkan," lanjut Mandzukic.

"Anda akan tahu kapan saatnya untuk pensiun, meletakkan sepatu ini di lemari tanpa penyesalan. Sepak bola akan selalu jadi bagian dari hidup anda, tetapi anda akan menantikan babak yang baru."

"Selamat bersenang-senang! Dari Mario besar. P.S. Jika anda kebetulan bermain melawan Inggris di Piala Dunia, bersiaplah sekitar menit ke-109." tutupnya.

Pernyataan penutup Mandzukic merujuk pada laga semifinal Piala Dunia 2018, di mana dirinya membela Kroasia melawan Inggris di Luzhniki Stadium. Kroasia lolos ke babak final usai mengalahkan Inggris 2-1, di mana gol Mandzukic pada menit ke-109 menjadi penentunya. (bn/om)