Siapkan Program Membangun dari Pinggiran

By Admin

nusakini.com--Gubernur H Nurdin Basirun menegaskan pihaknya sangat mendukung Nawa Cita Presiden Joko Widodo dengan membangun dari pinggiran. Pulau-pulau terdepan Kepri akan menjadi salah satu titik pembangunan dari pinggiran itu. 

"Sekembali dari Natuna akan dilakukan pembahasan mengenai pembangunan Pulau Laut ini," kata Nurdin saat pertemuan dengan masyarakat di Balai Desa Air Payang, Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Rabu (5/10). 

Kata Nurdin, kedatangannya ke Pulau Laut salah satunya untuk menjemput aspirasi dari salah satu pulau terdepan di Kepri ini. Sambil persiapan menunggu kehadiran Presiden Jokowi, Gubernur memilih menjemput aspirasi ke sejumlah titik di Kabupaten Natuna.  

Dengan turun langsung ke Pulau Laut dengan jarak temput dua jam, Gubernur Nurdin berjanji beberapa program akan dialokasikan pada anggaran tahun 2017. "Apalagi untuk kegiatan yang memberi dampak baik bagi masyarakat seperti peningkatan kesejahteraan seperti RTLH, infrastruktur jalan, bantuan pompong kepada melayan dan pembangunan pabrik es," kata Nurdin. 

Dalam kesempatan kunjungan itu, Gubernur membuka dialog dengan masyarakat setempat. Sailul, Sekretaris Desa Tanjung Pala menyebutkan kondisi pelabuhan di daerahnya sangat memperihatinkan. Zainal Muzakar, dari UPT Dinas pendidikan, menyebutkan pihaknya membutuhkan akses internet karena sangat penting untuk kelancaran informasi. 

Junaidi, tokoh masyarakat Desa Air Payang, menyampaikan agar ada prioritas pembangunan jalan sepanjang 18 km. Dia juga berharap program bantuan tepat sasaran seperti masih ada warga yang tidak menerima bantuan raskin. Kepada Gubernur, Junaidi berpesan agar PLN melakukan perekrutan masyarakat lokal yang kompeten, sehingga segala permasalahan cepat teratasi. 

Gubernur menegaskan, beberapa program akan diupayakan masuk dalam anggaran 2017. Sementara untuk masalah kelistrikan Gubernur akan mengusahakan hal tersebut. 

Untuk permasalahan pendidikan, Gubernur minta dinas terkait merespon cepat. "Semua keluhan mengenai pendidikan harus segera diatasi karena dampak yang akan ditimbulkan sangat besar, sehingga menjadi prioritas untuk mencari solusi terbaik," tegas Gubernur. 

Dalam pada itu, Kakan Kemenhan Kepri, R Gatot Suprapto menyebutkan pertahanan dan keamanan sangat penting kditamankan dalam diri kita sebagai WNI. Menurut dia, banyak faktor yang mendukung pertahanan dan keamanan salah satunya adalah ekonomi, sehingga perlunya peningkatan kesejahteraan. 

"Kewaspadaan masyarakat perlu ditingkatkan dan peran aktif untuk menciptakan keamanan sebagai pulau terluar dan terdepan di ujung utara Indonesia," kata Gatot. 

Sebelumnya, Camat Pulau Laut Anrizal Zen mengucapkan terima kasih kepada Gubernur terhadap masalah listrik, karena diagendakan mulai menyala pada 25 Oktober ini. (p/ab)