Sesmenpora Ingin Pegawai Kemenpora Terbuka Dalam Memberikan Informasi ke Publik

By Admin


nusakini.com-Bogor-Sesmenpora Gatot S Dewa Broto didampingi Kepala Bagian Sistem Informasi (Sisinfo) Bustiana membuka Penguatan Fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Lingkungan Kemenpora Tahun 2018 , Kamis (6/11) sore di Bogor Icon Hotel, Cibadak, Bogor, Jawa Barat. Sesmenpora mengatakan acara ini sangat penting, karena mengacu pada Undang-Undang No14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

Seluruh lembaga baik pemerintah pusat maupun daerah, kementerian maupun non pemerintah wajib dan siap menginformasikan kepada masyarakat. "Kalau ada organisasi pemuda atau organisasi olahraga menerima anggaran dari APBN meski tidak besar wajib hukumnya untuk merespon apa yang ditanyakan publik atau menginformasikan pada publik," ucap Gatot.  

Gatot berharap melalui kegiatan ini para pejabat di Kemenpora punya kesadaran yang utuh tentang UU No14 Tahun 2008 ini. "Hanya saja yang menjadi masalah tidak semua KL bisa terbuka sehingga melalui kegiatan ini dapat mendorong Kemenpora untuk terbuka dalam memberikan informasi. Pada saat kita menyampaikan kepada publik harus melalui PPID. Kalau di Kemenpora PPID termasuk dalam Biro Humas dan Hukum," ujarnya. 

Bustiana sebelumnya, melaporkan acara ini mengacu pada Undang-Undang no. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. "Pejabat informasi dan dokumentasi adalah pejabat yang bertanggungjawab di bidang penyimpanan dan pedokumentasian serta penyediaan pelayan informasi di suatu badan publik" ujarnya.  

Ia melanjutkan, Kemenpora sebagai badan publik berkewajiban punya memiliki PPID sebagai Sebagaimana telah di SK kan oleh Menpora melalui keputusan Menpora No. 35 tahun 2018. PPID Kemenpora perlu lebih ditingkatkan dan dioptimalkan tugas dan fungsinya khususnya dalam pemberian informasi kelapada masyarakat dalam rangka mewujudkan good governance. Hadir pada acara ini Asdep Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Ibnu Hasan, Kepala PP-PON Suryati, Kepala Bagian TU Kemenpora Agus Prayitno, Kabag Humas Agus Lesmana. (p/ab)