Sertijab Menteri PANRB, Asman Abnur: Percepat Penerapan E-Budgeting

By Admin

nusakini.com--Usai dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri PANRB, dan mengikuti sidang kabinet pertama, Asman Abnur langsung serah terima jabatan (Sertijab). Sekitar jam 17.00 Asman yang dijemput oleh Plh. sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini tiba di kantor Kementerian PANRB jl. Jend Sudirman kavling 69, Jakarta Selatan. 

Kehadiran Asman disambut oleh Yuddy Chrisnandi dan sejumlah pejabat eselon I, dan langsung diperkenalkan dengan sejumlah pejabat eselon I. Sebelum menuju ruang Sriwijaya di lantai 2, tempat acara Sertjab dilsngsungkan, Yuddy sempat menunjukkan beberapa ruangan yang ada di lobby. 

Dalam sambutannya, Asman minta maaf karena acara yang dijadwalkan pukul 17.00 mengalami keterlambatan. Ia mengatakan, usai pelantikan, dirinya langsung mengikuti sidang kabinet paripurna. "Akibatnya, acara Sertijab yang dijadwalkan jam 17.00 sedikit terlambat," ujarnya mengawali sambutan. 

Asman mengatakan, dalam arahannya Presiden menyampaikan bahwa Kementerian PANRB merupakan mesin birokrasi pemerintahan negara yang tidak boleh berhenti. "Kalau sekarang sudah berjalan, mulai saat ini harus harus Lebih kencang," ujarnya. 

Dikatakan juga bahwa Presiden berpesan untuk mendorong perlunya segera dilakukan penerapan e-budgeting di seluruh instansi pemerintah. "Birokrasi ini bukan hanya bagaimana merekrut pegawai, tetapi bagaimana menjalankan anggaran dengan baik, sehingga program-program pemerintah bisa cepat terealisir dan kemudian bermanfaat bagi kemajuan masyarakat," ujarnya. 

Dengan e-budgeting, lanjut Asman, selain mempercepat realisasi anggaran juga terwujud transparansi anggaran. Demikian juga dalam pelayanan publik, tidak lagi bertele-tele. Asman mengaku bahwa pernah merasakan hal itu, banyak terjadi kendala sewaktu menjadi Wakil Walkota Batam. 

Sementara itu, Yuddy Chrisnandi mengatakan agar Asman tidak  ragu jikalau dirinya membutuhkan bantuannya. "Saya siap membantu Pak Menteri kalau dibutuhkan," ujarnya. 

Kepada para pejabat di lingkungan Kementerian PANRB, Asman mengajak untuk membuktikan bahwa reformasi birokrasi ini dimulai dari sini. 

Usai acara sertijab, Yuddy mengajak Asman masuk ke ruang Menteri, dan memperkenalkan sejumlah staf yang akan melayaninya sebagai Menteri PANRB. (p/ab)