Real Madrid & Adidas Perpanjang Kerja Sama, Rekor Baru Tercipta

By ommed


nusakini,com - Performa mengecewakan Real Madrid di musim ini tidak menyurutkan Adidas untuk melanjutkan kerja sama dengan raksasa La Liga Spanyol itu. Bahkan kali ini bakal menciptakan rekor baru berupa nilai sponsorship termahal dalam sejarah sepakbola.

Dalam waktu dekat, Madrid akan meneken perpanjangan kontrak berdurasi sepuluh tahun dengan Adidas. Kesepakatan ini membuat Madrid mendapatkan €1,1 miliar alias €110 juta per tahun dari Adidas!

Uang sebanyak itu bisa terus bertambah tergantung hasil penjualan merchandise, seperti jersey. Menurut Marca, ada potensi Madrid meraup €150 juta per tahun dari Adidas karena klub akan mendapatkan komisi 22,5 persen dari penjualan merchandise.

Kesepakatan ini membuat Madrid memiliki nilai sponsorship tertinggi dari apparel olahraga jika dibandingkan dengan klub top Eropa lain. Los Blancos unggul dari Manchester United (€96 juta per tahun, Adidas) dan Barcelona (€105 juta per tahun, Nike).

Jumlah €110 juta per tahun itu bahkan lebih tinggi dari Fly Emirates sebagai sponsor utama Madrid yang bernilai €70 juta per tahun, yang juga merupakan nilai sponsor tertinggi ketimbang klub lain. Real Madrid terbukti masih menjadi merek sepakbola paling bernilai.

Dalam perspektif lain, jumlah uang yang dibayarkan Adidas kepada Madrid punya nilai yang sama besarnya dengan jumlah uang yang dibayar Nike untuk menjadi sponsor NBA dan seluruh klub di liga bola basket Amerika Serikat itu.

Adidas sudah menjadi sponsor apparel Madrid sejak 1998. Sebelumnya, Nike dan Under Armour dikabarkan sempat berminat menggantikan Adidas untuk menjadi sponsor Madrid. Namun, tawaran kontrak baru bernilai raksasa dari perusahaan olahraga Jerman itu membuat kerja sama ini terus berlanjut hingga dasawarsa ketiga. (fft/om)