Ratusan Alumni Magang di Provinsi Lampung Langsung Terserap Pasar Kerja

By Admin

nusakini.com--Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung mencatat sebanyak 126 orang atau 63 persen dari total jumlah peserta magang sebanyak 200 langsung terserap pasar kerja. Ratusan peserta tersebut telah mengikuti program pemagangan yang tersebar di 20 perusahaan di wilayah Lampung.  

"Dari tahun ke tahun jumlah yang diterima untuk bekerja di perusahaan selalu meningkat," ujar Kadisnakertrans Provinsi Lampung, Sumiarti Somad, di Lampung, Selasa (31/10). 

Puluhan perusahan yang mempekerjakan alumni magang tersebut bergerak di bidang perhotelan, kecantikan, tekstil, kesehatan, serta beberapa sektor lain. Sedangkan sisanya yakni 37 persen peserta magang lebih memilih menjadi wirausaha mandiri.  

"Hal ini berarti kualitas peserta magang semakin meningkat, sehingga kegiatan ini dapat dijadikan salah satu langkah yang efektif dalam memberikan kesempatan kerja bagi calon tenaga kerja yang mempunyai potensi dan berprestasi" papar Sumiarti. 

Dijumpai di tempat yang sama, Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo menyatakan apresiasinya terhadap pemagangan sebagai salah satu langkah strategis untuk menekan angka pengangguran. Ia berharap hal ini menjadi perhatian bersama karena manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. 

"Saya berharap agar pemagangan yang dilakukan oleh Dinas lain, dapat mengikuti pola pelaksanaan pemagangan yg dilakukan oleh Disnakertrans," imbau Ridho. 

Dengan dilibatkannya pihak industri dalam merekrut, melatih, dan menempatkan pesera magang, lanjut Ridho, kompetensi yang diperoleh oleh peserta magang akan sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Keseuaian tersbut menjadi kunci keberhasilan proses pemagangan di Provinsi Lampung. (p/ab)