Raja Thailand Tutup Usia, Presiden Jokowi Nyatakan Bela Sungkawa

By Admin

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej

nusakini.com - Duka mendalam datang dari berbagai pihak ketika mendengar kabar Raja Thailand Bhumibol Adulyadej tutup usia. Ucapan bela sungkawa pun berdatangan dari sejumlah pemimpin negara termasuk Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi)

“Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Raja Bhumibol Adulyadej. Dunia kehilangan seorang pemimpin yang dekat dengan rakyatnya, pembawa kedamaian, persatuan, dan kesejahteraan bagi rakyat Thailand,”ujar Presiden Jokowi saat melakukan konferensi pers di Istana Merdeka, Kamis (13/10/2016),

Sebelum ini, Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla (JK)turut menyampaikan duka cita. Menurut Kalla, kepribadian yang sederhana dari Raja Bhumibol membuat ia begitu disenangi oleh rakyatnya. “Raja Bhumibol Adulyadej sangat dicintai rakyatnya karena melayani (memimpin) dengan adil dan merakyat,” ujar JK.

Antusiasme warga Thailand terhadap Raja Bhumibol tampak saat raja dikabarkan masuk rumah sakit karena mengalami komplikasi. Raja Bhumibol dikabarkan mengidap penyakit paru-paru, cairan di otak, dan tekanan darah. Pada Rabu 11 Oktober, sejumlah simpatisan dan keluarga kerajaan berkumpul di rumah sakit. (b/mk)