Pesona Danau Toba Melejit Populer di Dunia Maya

By Admin


nusakini.com - Nama Danau Toba saat ini sedang populer di dunia maya. Para netizen dari seluruh penjuru Indonesia tak henti-hentinya bercuit di Twitter.

Semua tanpa diminta, tanpa direka-reka, kompak mempromosikan Indonesia lewat hashtag. #pesonadanautoba.

Hingga Sabtu siang kemarin (20/8/2016), #pesonadanautoba menempati posisi pertama dalam daftar trending topic Twitter nasional.

"Kekuatan media sosial memang dahsyat. Seluruh Indonesia kompak bercuit soal Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Kekuatan kreativitasnya luar biasa," jelas Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Kemenpar, Sabtu (20/8/2016).

Sebelum Slank tampil, sebelum panggung terapung nan megah dipertontonkan, sebelum permainan lighting dan sound system yang menggelegar diperlihatkan, #pesonadanautoba sudah lebih dulu berkibar.

"Buat yang di Sumatera Utara, sampai jumpa SORE NANTI! Kita #ngeSlankRameRame di #PesonaDanauToba!" sahut pemilik akun @slankdotcom, akun resmi Slank.

"Ayo rame-rame ke Danau Toba ada Karnaval #RI71 #PesonaDanauToba 20-21 Agustus," sambung akun @fadjroeL

Agenda akbar ini memang memancing perhatian berbagai kalangan.

Dari jurnalis, turis hingga peneliti, semuanya kompak mengarahkan sorotan ke Danau Toba.

Beragam persiapan dan kemolekan panorama Danau Toba diabadikan ke dalam video dan foto-foto.

Dan hasilnya, langsung membanjiri laman sosial Twitter, Facebook, YouTube serta instagram.

Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Asnawi Bahar ikutan happy.

Promosi pariwisata Danau Toba, ternyata dibantu jutaan netizen dari seluruh penjuru negeri.

Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Kemenpar, Dadang Rizky juga terperanjat melihat respons di lapangan yang sangat kuat.

"Ini promosi gratis dan sangat efektif. Sekarang dunia jadi makin tahu tentang keindahan Danau Toba dan wilayah di sekitarnya. Terimakasih netizen," ungkapnya.

Menpar Arief Yahya mengucapkan selamat kepada para panpel yang eventnya menjadi bahan perbincangan netizen di media sosial.

Dia menambahkan, selain #PesonaDanauToba yang menjadi trending juga #PrambananJazz, yang sama-sama disupport oleh Kemenpar melalui branding Pesona Indonesia.

"Selamat! Menjadi trending topic," ungkap Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI yang membuka Konser Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Pantai Bebas, Parapat, Simalungun itu.(imf/mk)