Perkuat Akreditas, Kemenag Tingkatkan Kompetensi Tenaga Pengelola Data Emis

By Admin

nusakini.com--Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Tenaga Pengelola Data Emis Madrasah diikuti 80 peserta pada 18 hingga 20 Juli di Bekasi. 

Menurut Kabag Data, Sistem Informasi, dan Humas Mizan Sya'roni, kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan kelancaran tatakelola data emis. Selain aspek software dan hardware, pada kegiatan ini juga dilakukan peningkatan kapasitas SDM dan koordinasi antar pengelola data emis dari tingkat pusat, wilayah, dan stakeholders lainnya. 

"Updating data emis penting karena jika data emis sempurna, maka akreditasi paripurna. Selain itu, data juga menjadi acuan dalam perencanaan, sehingga diperlukan keakuratan," ujarnya saat membacakan pesan Sesditjen Pendidikan Islam Isom Yusqi di Bekasi, Rabu (18/07).  

Hal senada disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus Kasubbag Data Emis Pontren dan PAI Dodi Irawan. Menurutnya, kegiatan ini bertujuan meningkatkan koordinasi antar pengelola data Emis sehingga akhirnya dapat menyajikan data yang dapat diandalkan dan berkualitas. 

Dodi menambahkan, penyempurnaan data Emis urgen. Sebab, Emis sudah menjadi brand Kementerian Agama yang sudah dikenal. Apalagi, saat ini data emis juga sudah diintegrasikan sehingga memudahkan pihak eksternal yang membutuhkannya. (p/ab)