Pecinta Kopi di Buenos Aires Nikmati Kopi Spesial Indonesia

By Admin

nusakini.com-- Dengan semakin membudayanya kopi premium/spesial atau specialty coffee di Argentina, tenda-tenda kopi mulai menjamur di beberapa kota besar seperti Buenos Aires, Rosario, Cordoba dan Mendoza. Hal tersebut dimanfaatkan KBRI Buenos Aires untuk memperkenalkan masyarakat Argentina pada kopi spesial Indonesia yang sudah memiliki nama di dunia internasional. Acara tersebut dikemas dalam Coffee Tasting Kopi Spesial Indonesia di Buenos Aires pekan lalu.

“Kami melihat adanya tren baru di Argentina, khususnya di Buenos Aires bahwa tenda-tenda kopi yang menyajikan kopi premium mulai bermunculan. Dalam hal ini, kami (Indonesia) siap untuk ikut jadi pemain utama”, demikian disampaikan Dubes RI Niniek Kun Naryatie pada pembukaan acara Coffee Tasting di Buenos Aires, Argentina. 

Hingga saat ini, Argentina adalah importir kopi terbesar di Amerika Latin. Adapun kopi yang diimpor ke Argentina mayoritas (85%) berasal dari Brasil untuk robusta, dan Kolombia untuk arabica. Pada tahun 2016, Argentina mengimpor sebanyak 25,604.2 ton biji kopi dengan nilai total USD 79,4 juta. 

Dalam acara Coffee Tasting di Buenos Aires, para pecinta kopi, jurnalis gastronomia dan baristas disuguhi kopi spesial Indonesia seperti: Gayo dari Aceh, Mandailing dari Sumatera Utara, Java Preanger dari Jawa Barat, Toraja dari Sulawesi, dan Bajawa dari Flores. 

Undangan yang hadir cukup dikagetkan dengan beragam rasa kopi spesial yang dimiliki oleh Indonesia. Hampir seluruhnya memilih kopi Toraja dan Gayo sebagai yang paling nikmat dalam acara Coffee Tasting tersebut.   

“Toraja memiliki aroma dan rasa yang kaya, saya yakin kopi seperti ini akan menjadi primadona di Argentina”, ucap Charlie seorang barista yang hadir dalam acara tersebut. 

Acara Coffee Tasting di Buenos Aires diselenggarakan bersama oleh KBRI Buenos Aires dan Kedai Kopi LatteNte yang dikelola oleh diáspora Indonesia, Zehan Nurhadzar. Acara coffee tasting juga diliput oleh beberapa media terkemuka di Argentina seperti La Nacion dan majalah gastronomi. (p/ab)