Liga 3 Sulsel: Gaspa Selangkah lagi ke 4 Besar, Persijo Buka Peluang

By Abdi Satria


nusakini.com-Palopo-Tuan rumah Gaspa Palopo selangkah lagi ke babak 4 Besar Liga Sulsel setelah mengalahkan klub sekota Palopo United 2-1 di Stadion La Galigo, Senin (14/10). Hasil ini membuat Gaspa Palopo mengoleksi poin 6 untuk memimpin klasemen atau unggul 3 angka dari pesaingnya, Persijo Jeneponto dan Bank Sulselbar. 

Langkah Gaspa Palopo bisa terhenti kalau kalah dari Bank Sulselbar FC pada pertadingan terakhir, Rabu (16/10) dan Persijo menang besar dengan selisih minimal dua gol atas Palopo United.

Persijo sendiri membuka peluang ke 4 Besar setelah menekuk Bank Sulselbar FC 2-1. Dengan hasil ini, Persijo bertengger di peringkat dua karena unggul head to head. Bank Sulselbar sendiri berharap Palopo United mengalahkan Persijo di laga terakhir. Kalau terwujud, mereka tetap lolos meski kalah dari Gaspa dengan selisih gol tak lebih dari dua. "Kami tetap mengincar kemenangan. Apa pun hasil pertandingan Palopo United vs Persijo," tegas Faisal Maricar, pelatih Bank Sulselbar.

Itulah mengapa Faisal berharap wasit yang memimpin pertandingan pada laga terakhir jeli dalam mengambil keputusan. Faisal merujuk sejumlah keputusan wasit Romi ketika skuatnya takluk ditangan Persijo. "Sejak awal wasit sudah terlihat 'miring' ke Jeneponto. Dan ketika kami unggul 1-0 di babak kedua, tindakan wasit makin 'aneh'. Masak pemain Persijo mendorong kiper kami bukan pelanggaran dan kemudian jadi gol. Bola juga diluar garis, dia bilang masuk," terang Faisal.

Ada juga keputusan aneh wasit Romi, lanjut Faisal. Saat tangan pemain Persijo kena bola di kotak penalti, Romi membiarkannya. "Alasannya, tangan pemain Persijo rapat dengan tubuhnya. Padahal, aturan baru, tangan kena bola pasti handsball. Apa pun kondisinya," pungkas Faisal. (ab)