Kota Unaaha Juga Panen Padi

By Admin


nusakini.com - Kota Unaaha yang merupakan ibukota Kab.Konawe juga memiliki lahan sawah yang bulan januari ini sudah memasuki waktu panen. 

Ramlah SP Kepala BPP Unaaha Dinas Pertanian Kab Konawe mnyatakan bahwa luas sawah di Wilayah Unaaha mncapai 799 ha. Hari ini 5 kelurahan secara bersamaan panen yakni Tobeu, Tuoy, Unaaha, Asambu dan Wawonggole. Panen diperkirakan akan berlangsung hingga Februari 2018

Lebih lanjut di sebutkan bahwa varitas yang banyak di gunakan di wilayah ini adalah varietas Mekongga, Ciherang serta inpari 30. 

Selanjutnya Sahrun SH yang merupakan salah seorang petani dan juga PNS Pemkab Konawe mnyatakan bahwa produksi yang diperoleh musim ini sangat baik mencapai 6 ton per ha. Harga gabah yang diterima petani saat ini adalah Rp. 4.700. Harga tersebut sudah mulai menurun dari pekan sebelumnya yang mencapai Rp. 4.800 per kg GKp. 

Panen di lakukan menggunakan alsintan combine harvester baik bantuan kementerian pertanian maupun milik masyarakat. Penggunaan alsintan ini sangat membantu percepatan panen petani serta mengurangi kehilangan hasil panen sambung Iwan L. Danpos Ramil Unaaha yang juga turut memantau panen padi di Wilayah Unaaha. 

Muslimin SP. salah seorang pengelolah jasa penggilingan padi menyatakan bahwa harga gabah saat ini memang lebih tinggi di bandingkan dengan musim sebelumnya karena kualitasnya yang baik sehingga dapat diolah menjadi beras premium yang lebih menguntungkan karena harganya lebih tinggi dibndibgkan memproduksi beras medium.  

Peneliti BPTP Balitbangtan Sultra Zainal Abidin. SP. MP menyatakan bahwa fenomena peningkatan harga beras di Kab.Konawe merupakan imbas dari peningkatan harga beras secara nasional. Lebih lanjut disebutkan bahwa peningkatan harga ini hanya sementara karena panen padi masih berus berlangsung baik di Kab. Konawe maupun Kabupaten lain yang menjadi lumbung beras di Provinsi Sultra seperti Konawe Selatan. Kolaka dan Kolaka timur. (pr/eg)