KJRI Noumea Jelaskan Kemajuan Pembangunan Papua kepada Diaspora Indonesia

By Admin

nusakini.com--"Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar terhadap Papua melalui pendekatan holistik, sekaligus komitmen untuk membangunan dan menyejahterakan rakyat Papua," kata Konjen RI Noumea, Widyarka Ryananta, membuka Temu Masyarakat dan Diaspora Indonesia di Aula KJRI Noumea, dua hari lalu.

"Melalui pemilihan yang demokratis, putra daerah Papua telah mendapatkan kepercayaan menjadi pemimpin di daerah. Selain itu untuk meningkatkan kemampuan SDM, Pemerintah juga memberi beasiswa kepada para pemuda Papua bahkan sampai melanjutkan studi di luar negeri." 

Acara temu masyarakat ini dihadiri pengurus asosiasi keturunan Indonesia dan lebih 250 orang yang datang dari berbagai penjuru New Caledonia. Mereka memberikan tanggapan positif. 

Ketua Persatuan Masyarakat Indonesia dan Keturunannya (PMIK) New Caledonia, Thierry Timan menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif KJRI dalam menggelar acara diseminasi informasi pembangunan Indonesia, khususnya Papua. "Kita kekurangan informasi mengenai kondisi terbaru Papua. Dengan informasi yang komprehensif ini, kami setidaknya mengetahui perkembangan Papua dari sumbernya." Selain itu, Thierry menambahkan, "Informasi mengenai pembangunan infrastruktur di Indonesia juga sangat menakjubkan. Semoga nanti New Caledonia juga bisa membangun infrastruktur serupa." 

Marceline Magi, salah seorang diaspora Indonesia yang aktif bermain angklung menyampaikan, "Saya senang mendapatkan update situasi Papua, sehingga setidaknya saya bisa menjelaskan bila ada orang yang menanyakannya." 

Isu mengenai Papua memang menjadi salah satu topik hangat apabila membincangkan Indonesia di wilayah seberang lautan Prancis ini. Melalui acara ini, KJRI Noumea ingin menggalang dukungan masyarakat dan diaspora Indonesia yang selama ini kurang mendapatkan informasi yang akurat dan kebanyakan diperoleh melalui media sosial. 

Selain memberikan penjelasan mengenai pembangunan Papua, Konjen Widyarka juga menerangkan mengenai reshuffle kabinet kerja jilid II, pembangunan ekonomi, sosial dan percepatan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia, sekaligus upaya Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan Indonesia. (p/ab)