KIP: Kemensetneg Masuk 10 Besar Kementerian Paling Terbuka

By Admin


nusakini.com - Komisi Informasi Pusat (KIP) memberikan penganugerahan kepada Kementerian Sekretariat Negara sebagai salah satu dari 10 Kementerian dengan tingkat keterbukaan informasi yang baik. Kemensetneg mendapatkan urutan ke-enam diantara kementerian-kementerian tersebut. Ketua Komisi Informasi Pusat, John Fresly memberikan penghargaan tersebut langsung kepada Deputi Hubungan Lembaga dan Kemasyarakatan, Dadan Wildan, di Istana Wakil Presiden Jakarta, Selasa (20/12).

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengucapkan selamat dan apresiasi sebesar-besarnya kepada para pemenang. Menurutnya, badan publik terutama Kementerian sangat penting untuk menjamin keterbukaan informasi. Hal tersebut perlu dilakukan karena informasi adalah hak warga masyarakat, “Yang terpenting bagaimana masyarakat mengetahui perencanaan, bagaimana pelaksanaan, dan bagaimana evaluasi daripada tugas-tugas yang diberikan kepada mereka semuanya,” tegas Wakil Presiden.

Menurutnya keterbukaan informasi harus selalu ditingkatkan agar pengetahuan masyarakat tentang Pemerintah atau lembaga lain serta program-programnya menjadi lebih luas, “Tujuannya ini adalah bagaimana kita secara bersama-sama, karena Pemerintah, Presiden tidak mungkin menyampaikan semua hal kepada masyarakat. Tapi masing-masing penugasan memberikan tanggung jawab dan informasi apa yang telah dikerjakan sesuai dengan tugas fungsi masing-masing,”. 

Selain Kementerian, KIP juga memberikan penghargaan kepada beberapa badan publik lain seperti Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Lembaga Negara, Lembaga Non Struktural (LNS), Pemerintah Provinsi, Partai Politik, Badan Usaha Milik Negara (BUMN). (p/mk)