nusakini.com - Jakarta - Pasangan bulutangkis Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mempersembahkan medali emas ke-24 Asian Games XVIII tahun 2018, setelah dalam pertandingan nomor ganda putra perorangan mematahkan perlawasan sengit rekan senegaranya pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto 13-21, 21-18, 24-22.

Pertarungan sesama pasangan bulutangkis Indonesia itu memuaskan ribuan penonton yang memenuhi Istora Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (28/8) sore. Kedua pasangan bermain ngotot, dan menunjukkan kelas masing-masing.

Semula banyak yang menduga pertarungan antara Kevin Sanjaya/Marcus Gideon melawan Fajar/Rian itu akan dengan mudah dimenangkan oleh Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang lebih senior dari Fajar/Rian. Namun di luar dugaan, pada set pertama Fajar/Rian mengakhiri pertarungan dengan muda 13-21.

Pada set kedua Kevin/Marcus bangkit. Meski sempat tertinggal hingga kedudukan 6-4, Kevin/Marcus terus melaju dan unggul jauh 16-13 di set ini. Setelah sempat berupaya memperkecil ketinggalan, Fajar/Rian akhirnya menyerah dengan 21-18 pada set kedua itu.

Pertarungan di set ketiga menjadi pertarungan yang menegangkan, tidak hanya bagi kedua pasangan, tapi juga bagi penonton yang memenuhi Istora GBK. Pasangan Kevin/Marcus yang sempat tertinggal 11-16 dan berulang kali tertinggal dalam deuce, melakukan perlawanan sengit atas Fajar/Rian yang beberapa kali memimpin. Hingga akhirnya di set ketiga ini Kevin/Marcus menang 24-22.

Dengan demikian, Kevin/Marcus mendapatkan medali emas, dan perak diraih pasangan Fajar/Rian. Tambahan medali dari kedua pasangan ini menjadikan jumlah medali yang diraih kontingen Indonesia hingga berita ini ditulis adalah 24 emas, 18 perak, dan 28 perunggu. Peringkat Indonesia juga masih berada di posisi nomor 4 dalam perolehan medali Asian Games XVIII tahun 2018 itu. (p/ma)