Ketika Menteri PANRB Membagikan Sepeda di Jambi

By Admin

nusakini.com--Seperti kebiasaan Presiden Joko Widodo yang membagikan sepeda, kini giliran menteri dalam Kabinet Kerja yang melakukan hal serupa. Pemberian sepeda itu berlangsung saat penyerahan sertipikat tanah untuk rakyat di beberapa provinsi, termasuk Jambi yang dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. 

Pada Kamis (28/12) di tujuh provinsi, sejumlah Menteri Kabinet Kerja membagikan sertipikat tanah. Penyerahan sertipikat itu dipandu langsung oleh Presiden Joko Widodo di Pontianak melalui siaran langsung video conference. 

Sesaat setelah memberikan sertipikat tanah secara simbolis kepada perwakilan masyarakat, Presiden menjanjikan sepeda bagi warga yang berhasil menyebutkan Pancasila secara lengkap. 

"Ayo yang mau sepeda maju ke depan, sebutkan Pancasila yang lengkap. Yang ada di provinsi lain juga silakan maju ke depan," ujar Presiden melalui video conference. 

Di Jambi, Menteri Asman memilih beberapa warga yang sudah tunjuk tangan untuk maju ke atas panggung. Seorang pria dan wanita maju dan menyebutkan Pancasila dengan lengkap. 

"Bapak hafal Pancasila dari kapan?" tanya Menteri Asman kepada seorang warga di atas panggung. 

"Dari SD, pak," jawab warga tersebut diiringi tepuk tangan dari Menteri Asman dan warga lainnya. 

Setelah itu, Menteri Asman mempersilakan warga yang berhasil menyebut Pancasila untuk mengambil hadiah sepeda. Warga yang berhasil mendapat hadiah itu pun 'memamerkan' sepeda dan sertipikat tanah yang baru saja mereka dapatkan. "Sertipikatnya digunakan baik-baik, dijaga baik-baik," pesan Menteri Asman kepada warga Jambi. 

Asman Abnur menyerahkan 82.121 sertipikat tanah untuk rakyat di 11 kabupaten/kota yang ada di Jambi. 

Kebiasaan memberi sepeda kepada warga memang kerap dilakukan oleh Presiden Jokowi. Namun sepeda itu hanya diberikan kepada warga yang bisa menjawab pertanyaan presiden yang biasanya mengenai wawasan kebangsaan. (p/ab)