nusakini.com--Pekan depan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan mengadakan E-government Summit 2016 di Jakarta pada 6 September 2016. Untuk pendaftaran peserta dilakukan secara online melalui konfirmasi.menpan.go.id. 

Peserta wajib membawa print out konfirmasi kehadiran yang telah dikirim ke email masing-masing di tempat acara sebagai bukti pendaftaran dan dapat ditukar dengan seminar kit dan souvenir.“Sudah ada sepuluh instansi yang mendaftar. Kami tidak menyangka ada yang merespon karena pendaftaran untuk acara biasanya langsung melalui telepon atau fax,” Asdep Perumusan Kebijakan Sistem Kelembagaan dan Tata Laksana Yanuar Ahmad saat rapat persiapan E-government Summit 2016. 

E-government Summit 2016 diselenggarakan untuk menindaklanjuti kerjasama antara Kementerian PANRB dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA). Selain itu, acara ini bertujuan untuk menciptakan high level networking antara instansi pemerintah sehingga tercipta media komunikasi yang baik antar instansi dalam membangun e-government. 

Yanuar menjelaskan bahwa acara ini akan dibuka oleh Menteri PANRB Asman Abnur serta dihadiri Menteri Kominfo Rudiantara dan Dubes Korsel untuk Indonesia Chao, Tai Young. Kemudian dilanjutkan paparan dari Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Rini Widyantini, Guru Besar UI Eko Prasojo, dan Taeho-Youn. 

E-government adalah salah satu langkah dalam program percepatan reformasi birokrasi. Terdapat beberapa instansi pemerintah yang telah menerapkan e-government. Dan dalam kesempatan tersebut, LKPP dan BKN berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai e-government yang telah mereka lakukan. “Akan ada knowledge sharing dari LKPP tentang LPSE dan BKN tentang SAKN,” ujar Yanuar. (p/ab)