Kemenag dan Kemlu Gelar Dialog Lintas Agama dan Budaya Lima Negara

By Admin

nusakini.com--Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kementerian Agama menggelar Dialog Lintas Agama dan Budaya lima Negara, yaitu: Mexico, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia atau disebut dengan MIKTA. Dialog yang digelar 18-19 Oktober di Yogyakarta ini digelar bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri RI. 

Dialog Lintas Agama dan Budaya (DLAB) negara-negara Mexico, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia (MIKTA) diikuti oleh tokoh agama, budaya, akademisi, pejabat dan masyarakat madani dari negara-negara tersebut. Selain mendiskusikan persoalan keagamaan dan kebudayaan, ajang ini juga menjadi sarana mensosialisasikan kerukunan antar umat beragama yang baik di Indonesia. 

Dialog Lintas Agama dan Budaya (DLAB) dibuka Wakil Menteri Luar Negeri AM. Fachir. Dalam sambutannya, Fachir mengatakan bahwa Indonesia dan negara-negara MIKTA memiliki hubungan bilateral yang erat dan hubungan itu tentu saja semakin kuat melalui kerjasama MIKTA. 

"Sejak terbentuk pada tahun 2013, MIKTA aktif membicarakan beberapa isu seperti perdamaian, keamanan, pengungsi, jender, perdagangan dan ekonomi Global. Selain itu, MIKTA juga telah menajalankan berbagai program outreach di bidang kepemudaan dan media," katanya. 

Menurutnya, kerja sama dalam MIKTA sejalan dengan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif. "Pelaksanaan Dialog Lintas Agama dan Budaya yang merupakan inisiatif dari Indonesia dalam upaya mengatasi situasi keamanan global, yaitu terorisme, radikalisme dan ekstrimisme," ucapnya. 

AM. Fachir berharap ke depan kerja sama MIKTA dapat menjadi bridge builder dan consesus making terhadap beberapa permasalahan yang menjadi perhatian bersama negara MIKTA dan juga diharapkan menjadi kerja sama yang inklusif yang melibatkan semua pihak. 

Sementara itu Sri Sultan Hamengkubuwono X menggarisbawahi bahwa dialog bukanlah kompromi iman, namun untuk mewujudkan empati antar umat agama di mana benteng perbedaan diubah menjadi jembatan saling pemahamandan penghormatan. 

Dialog Lintas Agama dan Budaya negara -negara MIKTA bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara negara -negara MIKTA dalam meningkatkan pemahaman dan mempromosikan toleransi, perdamaian, moderasi, serta penghormatan diantara masyarakat multi agama dan budaya. (p/ab)