Jokowi Ingatkan Dua Hal Pokok yang Diperebutkan Dunia

By Admin


nusakini.comSampang - Saat ini dunia sedang memperebutkan dua hal pokok, yakni pangan dan energi. Ini tak terelakkan dalam kondisi di mana jumlah penduduk bumi terus saja meningkat. Pesan ini disampaikan kembali Presiden Jokowi, saat kunjungannya di Kabupaten Sampang untuk meresmikan pengoperasian Waduk Nipah di sana.

"Dengan pertambahan penduduk dunia, manusia akan rebutan dua hal, energi dan pangan," kata Presiden Jokowi, Sabtu (19/3/2016).

Menurut Jokowi, pembangunan puluhan waduk termasuk Waduk Nipah merupakan persiapan jangka panjang agar Indonesia dapat memproduksi sendiri pangan. "Kalau yang kita impor dipakai untuk kebutuhannya sendiri, dari mana kita bisa impor. Kuncinya produksi sendiri, sisanya baru ekspor," tegasnya.

Pemerintah, kata Presiden, akan terus melakukan pembangunan bendungan dan dalam lima tahun ditargetkan pembangunan puluhan bendungan. "Tahun ini delapan, tahun depan sembilan waduk. Karena kunci kemajuan ada di ketersediaan air," katanya.

Presiden menyebutkan kondisi Nusa Tenggara Timur (NTT) sama dengan Sampang. Dan di sana akan dibangun tujuh waduk. "Ini yang akan kita kerjakan, dengan ini produksi pangan akan melimpah, ke depan negara lain akan minta kelebihan produksi pangan kita, bukan kita yang impor ke sana," katanya. 

Pada peresmian Waduk ini, hadir pula Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Seskab Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wagub Jatim Syaefullah Yusuf. (mk)