Ini Cara Mudah Jemaah Haji Atasi Asam lambung

By Admin


nusakini.com - Cara mudah jemaah haji terhindar dari masalah asam lambung, salah satunya dengan makan kurma. Jemaah diimbau berbekal kurma ketika keluar pondokan atau saat beribadah di Masjid Nabawi. Makan buah kurma, 3,5,7,9 buah sebagai makanan pendahuluan sebelum makan besar, berupa nasi dan lauk yang telah disediakan di pondokan masing- masing.

Kurma, jenis makanan manis yang banyak tersedia di Arab Saudi. Penjualannya juga banyak di toko modern dan tradisional, termasuk di pinggir masjid Nabawi. Harganyapun terjangkau, banyak pilihan harga dan jenis kurma yang diinginkan.

Hal ini disampaikan PJ Tim Promotif dan Preventif, M. Latu, 13 Agustus 2017, di Madinah, terkait banyaknya jemaah haji yang bermasalah dengan lambung dan lemas karena kurang asupan energi.

“Sementara untuk minum dapat mengambil persediaan yang terdapat di halaman atau dalam masjid Nabawi yang tersedia setiap saat. Dengan demikian jemaah dapat terhindar dari masalah lambung”, jelas Latu di Madinah Minggu (13/8/2017)

Banyaknya jumlah jemaah haji yang bermasalah dengan lambung karena tidak sempat sarapan pagi, makan siang atau makan malam, karena berbagai alasan, sehingga asam lambungnya meningkat.

Hal tersebut diperkuat dengan penjelasan PJ Apotik KKHI Madinah, Karua Idoosty, S.Si, Apt, yang menyebutkan bahwa obat lambung menempati urutan teratas dikeluarkan apotik Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

“Obat asam lambung mencapai 499 tablet. Besarnya kebutuhan ini terkait dengan permintaan obat dari klinik KKHI dan kloter”, ujar Karua.