Ini 3 Tokoh yang Dinilai Jadi Pengendali Basis Suara di Sulsel

By Admin


MAKASSAR - Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi sorotan dengan dinamika politik yang semakin intens menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Di tengah gejolak tersebut, sejumlah tokoh dinilai memiliki peran kunci dalam mengendalikan basis suara di daerah julukan pintu gerbang Indonesia timur.

Pertama, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla. Bukan orang Sulsel bila tak kenal Jusuf Kalla.

Mantan Ketum Partai Golkar ini dikenal dengan jejak rekamnya sebagai tokoh yang berhasil mendamaikan sejumlah daerah konflik di Indonesia.

Kehadiran JK dianggap memiliki daya tarik yang signifikan di mata masyarakat Sulsel.

Di samping itu, ada Andi Amran Sulaiman yang merupakan Menteri Pertanian (Mentan) era Presiden Jokowi dinilai tidak kalah hebat dengan JK.

Terbukti, dua periode Jokowi bertarung di Pilpres, Amran Sulaiman salah satu tokoh di balik kemenangannya.

Di periode pertama pada Pilpres 2014, Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK), Andi Amran Sulaiman membentuk Tim Sahabat Rakyat.

Tak berhenti sampai di situ, di periode kedua Jokowi, Amran Sulaiman kembali memperkuat tim pemenangan.

Bahkan, Tim Sahabat Rakyat bukan hanya fokus di Sulsel, tetapi wilayah Timur Indonesia juga digarapnya.

Walaupun di Pilpres 2024, Andi Amran Sulaiman tak bicara soal dukung mendukung kandidat capres-cawapres. Namun, dia memberikan sinyal dukungan ke Prabowo-Gibran.

Itu bisa dilihat dari Tim Pemenangan Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Sulsel. Di mana, kerabat dekatnya ditunjuk sebagai Ketua TKD Prabowo-Gibran Sulsel, yakni Andi Damisnur.

Lalu, Waketum DPP Golkar, Nurdin Halid juga dianggap sebagai tokoh berpengaruh di Sulsel.

Mantan kontestan Pilgub Sulsel 2020 itu bahkan mulai gencar mengampanyekan pasangan Capres-Cawapres nomor urut dua, Prabowo dan Gibran. (*)