Gizi Telur,dari Kuning atau Putihnya?

By Admin


nusakini.com--Makassar--Siapa yang tidak suka telur? Makanan ini tidak mahal, tetapi menawarkan sumber protein yang bagus.

Telur bisa menjadi sajian cepat untuk sarapan, direbus sebagai camilan, atau digoreng untuk dimakan bersama sayuran saat makan malam.

Telur adalah sumber protein yang bagus. Nutrisi telur diketahui baik untuk otot ataupun untuk menyeimbangkan berat badan.Tetapi seringkali bagian telur mana yang mengandung paling banyak protein masih menjadi perdebatan. Penelitian terbaru menunjukkan seluruh bagian telur memang bagus dan bisa bermanfaat menurunkan berat badan serta tidak meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Meskipun kuning telur mengandung banyak nutrisi penting seperti zat besi dan vitamin A, D, E, dan K, bagian putihnya juga mengandung sebagian besar protein. Putih dari satu telur mengandung sekitar empat gram protein, sedangkan kuning telur mengandung 2,7 gram protein.

Satu butir telur besar mengandung 6,3 gram protein. Putih telur mengandung protein paling banyak, tetapi kuning telur juga memiliki vitamin dan nutrisi.

Jumlah protein yang ada pada telur bervariasi tergantung pada ukurannya. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, telur jumbo bisa mengandung 90 kalori dan 7,9 gram protein.

Telur ekstra besar misalnya mengandung 80 kalori dan tujuh gram protein. Kemudian, telur besar mengandung 72 kalori dan 6,3 gram protein. Sedangkan telur medium berisi 63 kalori dan 5,5 gram protein.

Kebutuhan protein harian bergantung pada berbagai faktor, seperti berat badan. Tetapi Pedoman Diet AS menyarankan 10 hingga 35 persen kalori berasal dari protein.

Setelah mengetahui fakta-fakta baik soal telur, tampaknya Anda mulai mencari ide untuk berkreasi dengan menu makanan telur Anda, ya?(r/rajendra)