Ekspor Tekstil Meningkat, ITPC Meksiko Gencar Promosi

By Admin

nusakini.com--Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Mexico City terus berupaya  mendorong peningkatan ekspor produk tekstil Indonesia. Salah satunya memalui partisipasi pada the 65th Intermoda Expo 2016 di Kota Guadalajara, Meksiko pada 19-22 Juli 2016. Tercatat ekspor  benang dan kain (HS 55) Indonesia ke Meksiko meningkat 46,57% pada 2015. 

Meksiko memiliki jumlah penduduk lebih dari 125 juta jiwa dan merupakan negara dengan jumlah  penduduk terbesar ke-3 di benua Amerika. “Masyarakat Meksiko dikenal konsumtif dalam berbelanja dan juga fashionable dalam berpakaian. Hal ini merupakan peluang bagi Indonesia  sebagai produsen dan eksportir besar produk tekstil termasuk produk lainnya terkait dengan  fesyen. Meksiko merupakan pasar potensial yang belum tergarap secara optimal,” ungkap Kepala  ITPC Mexico City, Banny R. Ramadhani. 

Untuk produk benang dan kain, khususnya Manmade staple fibres (HS 55), ekspor Indonesia ke  Meksiko pada 2015 meningkat cukup signifikan, yaitu 46,57%. Pada 2014, nilai impor Meksiko dari  Indonesia untuk HS 55 adalah USD 25,08 juta, dan pada 2015 nilai tersebut meningkat menjadi  USD 36,76 juta.

Pada tahun 2015, Indonesia menempati peringkat ke-4 negara eksportir terbesar  produk ini ke Meksiko, setelah Amerika Serikat, RRT dan India. 

Intermoda Expo yang diselenggarakan dua kali dalam setahun merupakan ajang berskala  internasional yang menampilkan aneka produk terkait fesyen, mulai dari mesin, benang, kain,  aksesoris, sepatu, dan juga pakaian. Untuk edisi Juli 2016 ini, pameran diikuti oleh lebih dari 800 eksibitor, baik lokal maupun internasional, serta dihadiri lebih dari 18 ribu pembeli potensial. 

Indonesia merupakan salah satu dari 16 negara yang berpartisipasi pada pameran ini.  Partisipasi Indonesia pada pameran ini mendapat dukungan penuh dari Duta Besar RI untuk  Meksiko, Yusra Khan. Dubes RI Yusra turut menghadiri pembukaan pameran serta mengunjungi  booth Indonesia. “Saya berharap ke depan semakin banyak partisipasi perusahaan Indonesia pada pameran ini untuk mempromosikan produk tekstil Indonesia di pasar Meksiko,” ungkap Yusra. (p/ab)