Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Investasi dan Ekspor

By Admin

nusakini.com--Strategi dan kebijakan ekonomi akan diarahkan untuk meningkatkan investasi dan ekspor. Ini penting dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan hal tersebut dalam Rapat Kerja (Raker) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019, Kamis (22/2) di Yogyakarta. 

Pemerintah, kata Darmin, akan terus berkomitmen melakukan deregulasi untuk memperbaiki iklim investasi dan pada akhirnya meningkatkan investasi. 

Pembangunan infrastruktur juga menjadi prioritas untuk perbaikan biaya logistik atau efisiensi serta daya saing industri. “Pembangunan infrastruktur publik meliputi Proyek Strategis Nasional dan Kebijakan Satu Peta”, terangnya. 

Pembangunan kawasan industri untuk industri hulu hingga hilir yang mempunyai keunggulan komparatif dan bernilai tambah tinggi serta tujuan ekspor juga menjadi perhatian pemerintah. “Begitupun dengan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),” tambahnya. 

Kebijakan Pemerataan Ekonomi yang salah satunya menyasar peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan dan pelatihan vokasi juga bagian dari strategi pemerintah tersebut. 

“Pilar-pilar lainnya dari Kebijakan Pemerataan Ekonomi ini adalah Reforma Agraria dan Kemitraan Ekonomi Umat,” ujar Menko Darmin. 

Selanjutnya, mengenai perluasan ekspor ke berbagai negara non tradisional potensial yang memiliki populasi dan Produk Domestik Bruto (PDB) tinggi namun share ekspor Indonesia ke negara tersebut masih kecil. 

Hadir dalam acara bertajuk “Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas” ini yaitu Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Ketua Kamar Dagang dan Industri Rosan P Roeslani, dan pejabat kementerian/lembaga terkait. (p/ab)