Darren Sidoel, Soal Julukan 'Si Anak Betawi' & Harapan Untuk Indonesia

By ommed


nusakini.com - Mendapat julukan sebagai 'Si Anak Betawi' rupanya sempat membuat Darren Sidoel merasa bingung pada awalnya.

Sidoel mencuri perhatian masyarakat tanah setelah diketahui memiliki garis keturunan Indonesia dan lantas namanya pun dihubungkan dengan judul film 'Si Doel Anak Betawi' yang pernah menjadi primadona pecinta layar kaca.

Bek berusia 20 tahun yang saat ini terikat kontrak dengan klub Divisi Championship atau kasta kedua Inggris, Reading, memiliki separuh darah Indonesia melalui ayahnya yang beretnis Jawa, atau tepatnya Wonosobo di Jawa Tengah.

"Pertama kali saya mengetahuinya [julukan 'Si Anak Betawi'] itu dari Instagram," ungkap Sidoel kepada Goal Indonesia. "Ketika saya mengunggah sebuah foto, saya menerima banyak pesan dari orang-orang Indonesia yang menuliskan kalimat 'Si Anak Betawi'."

"Garis keturunan keluarga saya sebenarnya bukan berasal dari Jakarta, tapi dari kabupaten Wonosobo di Jawa [Tengah]. Saya masih memiliki keluarga di sana."

Sidoel lantas sembari tersenyum mengatakan lebih senang untuk dipanggil dengan julukan lain: "Mungkin lebih baik untuk mengubah julukan saya menjadi 'Sidoel Anak Indonesia'."

Selain membuka kesempatan untuk bisa menjadi penggawa tim nasional Indonesia di masa depan, Sidoel juga menekankan ambisinya untuk bisa menjadi sumber inspirasi anak-anak Indonesia dalam mengejar karier sebagai pesepakbola.

"Saya terus bertumbuh sebagai pribadi maupun pesepakbola, yang juga membuat saya sadar bahwa tanpa adanya migrasi leluhur saya dari Suriname ke Belanda, mungkin saya tak akan memiliki kesempatan seperti sekarang ini," lanjutnya.

"Semoga saya dapat menginspirasi anak-anak lainnya di Indonesia dengan karier sepakbola profesional yang saya miliki sekarang ini dan menjadi contoh edukasi bahwa menjadi seorang pemain profesional tidaklah mudah dan membutuhkan kapabilitas."

Secara pribadi, Sidoel juga memiliki target besar dalam perjalanan kiprahnya sebagai pesepakbola. Impiannya sama seperti pada umumnya, yakni terus mengembangkan sayap hingga menjajal panggung tertinggi sepakbola.

"Untuk sekarang saya fokus penuh pada karier di level klub. Saya ingin mengembangkan diri ke level yang lebih tinggi, jadi saya bisa menjadi pemain utama Reading," ujar Sidoel yang saat ini baru tampil bersama tim U-21 di Liga Primer 2.

"Setelah saya menjadi stabil sebagai pemain penting di level Championship, maka saya ingin bermain di Liga Primer. Itu merupakan salah satu liga, bersama dengan La Liga, Bundesliga dan Serie A yang saya impikan untuk bermain sepakbola." (fft/om)